Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rich Brian Bermain Kata-kata Lewat The Sailor

Kompas.com - 13/08/2019, 14:34 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Brian Imanuel Soewarno alias dengan nama panggung Rich Brian (19) merilis album keduanya, The Sailor, jauh berbeda nuansa dari album debutnya, Ameen.

Jika Ameen lebih menonjolkan lirik dengan guyonan satir, dalam The Sailor, Brian ingin menonjolkan kualitas liriknya berdasarkan perjalanan karier dan kehidupannya.

Dalam wawancara bersama Kompas.com di Gudang Gambar, Cipete Raya, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Brian memang ingin mengubah gaya musikalitasnya.

"Perbedaan yang paling besar dari sisi lirik. Karena lirik di album ini, saya lebih fokus dikata-kata," kata Brian.

Baca juga: Rich Brian yang Masih Penasaran dengan Presiden Jokowi...

Hal itu terlihat dari lagu "Yellow" yang menjadi singel perdana dalam The Sailor. Lagu itu kolaborasi Brian bersama Bekon & The Donuts.

"Yellow" musik yang sendu dan kelam. Liriknya menyampaikan motivasi kepada anak-anak di seluruh dunia bahwa mereka bisa menggapai impian mereka.

"Idenya tentang identitas diri orang Asia di industri musik Amerika. Saya belum pernah omongin topik itu. Menurut saya itu waktu yang paling tepat untuk omongin topik itu," kata Brian.

Baca juga: Rich Brian dan Mimpi Besar dalam Album The Sailor

Atas perubahan lagunya, Brian sempat khawatir apakah penggemarnya bisa menerima atau tidak. Usai merilis "Yellow" dan album keseluruhannya, kekhawatiran Brian sirna.

"Sejak album keluar komentar mereka positif semua sih. Mereka mengambil albumnya dengan cara yang saya inginkan. Mereka ada yang bilang dengerin albumnya menangis, ada yang terinspirasi, itu saya senang banget lihat komentar itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com