Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klarifikasi Ria Ricis Soal Konten Makan Gurita Hidup yang Tuai Kontroversi

Kompas.com - 01/09/2019, 07:57 WIB
Sherly Puspita,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTuber Ria Ricis menyampaikan klarifikasinya terkait konten makan gurita hidup-hidup yang menuai kontroversi.

Komunitas pencinta hewan, Garda Satwa salah satu pihak yang mengkritik keras konten tersebut.

Melalui akun instagram @gardasatwafoundatiun, Garda Satwa menyebut konten yang diunggah Ria Ricis mengandung unsur kekerasan terhadap hewan.

Menanggapi hal ini, Ria Ricis menuliskan klarifikasinya pada fitur Insta Story akun Instagram @riaricis1795 pada Sabtu (31/8/2019).

Demikian klarifikasi Ria Ricis:

"Hallo semuanya assalamualaikum. Mengenai berita yang katanya lagi rame soal aku makan gurita di Korea kemarin, saya mohon maaf sebelumnya.

Sebelum makan dan bikin konten tersebut saya sudah konfirmasi dengan berulang bahwa gurita yang saya makan sebenarnya dalam keadaan mati.

Gurita bergerak karena adanya campuran garam atau bumbu lainnya (yang sudah pernah coba langsung ke sana pasti tau) lalu pendapat orang di Korea dan muslim di sana menganggap tidak masalah dengan memakan hewan tersebut.

Terima kasih semua, barakallah. Wasallam."

Menanggapi hal ini Sekretaris Garda Satwa Indonesia Anisa Ratna Kurnia mengatakan, jika memang gurita tersebut sudah mati, tak seharusnya Ricis menyematkan frasa "gurita hidup" dalam judul kontennya.

Sementara itu video yang tayang pada 22 Agustus 2019 di kanal YouTube Ricis Official tersebut diberi judul "PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! MUKBANG KOREA tersiksa!".

"Kalau memang sudah mati kenapa judulnya gurita hidup. Lalu di dalam video dia (Ricis) berulang kali menjelaskan jika gurita itu hidup," ujar Anisa saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (31/8/2019) malam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com