Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ria Irawan Belajar Bicara karena Tumor di Kepalanya

Kompas.com - 10/09/2019, 07:00 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis peran Ria Irawan mengatakan, kini terdapat tumor di kepalanya yang menekan saraf bicara. Untuk itu, Ria harus kembali belajar berbicara.

Hal itu diungkapkan Ria dalam sebuah video yang dia unggah di akun Instagramnya, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (10/9/2019)

"Karena ada tumor di dalam kepala, yang mengakibatkan saraf bicara saya tertekan,akhirnya saya harus belajar pelan-pelan, belajar berbicara dengan baik," tulis Ria.

Dalam video hitam-putih itu, Ria hanya mengucapkan "selamat" dengan pelan. Ia kemudian tertawa bersama seseorang yang merekam videonya.

Ria juga menceritakan, tak hanya dirinya seorang yang berjuang melawan penyakit. Saat merekam video itu, terdengar suara pasien yang berada satu ruangan dengannya sedang merintih sakit.

Baca juga: Unggah Foto di Rumah Sakit, Suami Ria Irawan: Kanker Datang Lagi...

"Tapi setiap saya mau belajar, pasien disebelah saya juga belajar, belajar menahan sakit...," tulis Ria.

Pemain film Wedding Agreement ini mengatakan, ia menjalani rawat inap di kamar kelas 3 Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Ria memanfaatkan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan selama menjalani pengobatan.

"Ya begini lah Keseruan dirawat inap kelas 3 BPJS, semoga bisa merefleksikan diri saya untuk menjadi yg lebih baik lagi. Sakit sudah bisa, menjadi lebih baik itu luar biasa.,trimakasi buat semua doa nya," sambungya.

Baca juga: 5 Kabar Ria Irawan yang Kembali Berjuang Melawan Kanker

Sel kanker yang ada di tubuh Ria Irawan kini telah menyebar ke organ lain. Pada awal September, Ria kembali dilarikan ke RSCM, Salemba, Jakarta Pusat, karena kondisinya menurun.

Ria selama ini berjuang melawan kanker kelenjar getah bening stadium 3C.

Ia sudah menjalani puluhan kali kemoterapi hingga radioterapi. Di akun media sosialnya, Ria kerap memberikan semangat kepada pejuang kanker lainnya.

Sebelumnya, Ria Irawan pernah didiagnosa kanker endometrium atau kanker dinding rahim. Ria pun memutuskan untuk mengangkat rahimnya pada 30 September 2014.

Dalam operasi tersebut dokter pun melakukan biopsi. Dari hasil biopsi, kanker di tubuh Ria ternyata sudah menyebar ke kelenjar getah bening pada bagian panggul.

“Ternyata kelenjarnya aktif. Jadi kankernya masih endometium, tapi metastasenya (penyebaran) getah bening. Makanya (stadium) 3 C. Kalau udah stadium 4, itu (penyebaran) di otak, tulang,” terang Ria saat ditemui Kompas.com di Palmerah Barat, Jakarta Barat, Senin (5/1/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com