Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Novel Horor Stephen King, Bikin Merinding!

Kompas.com - 04/01/2022, 20:24 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.comStephen King merupakan penulis novel asal Portland, Maine, Amerika Serikat (AS) yang populer karena menulis cerita-cerita horor dan supranatural.

Melansir Insider, Jumat (11/06/2021), King telah sukses mencetak setidaknya 60 buku dan 200 cerita pendek sejak tahun 1974. Semua bukunya tercatat telah terjual lebih dari 350 juta eksemplar di seluruh dunia.

Hal tersebut menjadikannya sebagai salah satu penulis terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai lebih dari 400 juta dollar AS per 2022.

Karya-karya King banyak digemari pembaca karena menawarkan nuansa horor yang seram, merinding, dan mengerikan.

Baca juga: Teori Konspirasi Pembunuhan John Lennon, CIA dan Stephen King Terlibat?

Banyak cerita dari bukunya yang telah diadaptasi menjadi film dan televisi. Beberapa film populer adaptasi novel King, di antaranya Carrie (1976), The Shining (1980), hingga It (1990).

Semua film adaptasi novel King pun mendapatkan pujian dan sukses besar di pasaran. Salah satunya The Shining yang telah menjadi film ikonik dan dikenal luas oleh masyarakat dunia.

Namun, menonton film berbeda dengan membaca novel. Untuk merasakan “kengerian” maksimal dari cerita King, ada baiknya untuk membaca novel-novel seram miliknya.

Penasaran novel-novel seram King apa saja yang bisa membuat bulu kuduk merinding? Berikut tujuh daftarnya, dikutip dari Insider, Jumat (11/06/2021).

Baca juga: Diadaptasi dari Novel Stephen King, Serial TV Mr Mercedes Bikin Tegang Joko Anwar

1. The Shining (1977)

Jack Nicholson dalam salah satu adegan ikonik di The Shining. IMDB Jack Nicholson dalam salah satu adegan ikonik di The Shining.

The Shining merupakan novel klasik horor yang ternama. Saking populernya, King memutuskan untuk membuat novel lanjutan yang berjudul Doctor Sleep (2013).

Kisah dalam novel ini menceritakan kehidupan penulis bernama Jack Torrance yang mendapatkan pekerjaan baru sebagai penjaga Hotel Overlook, sebuah bangunan tua yang dibangun di atas situs tanah pemakaman.

Sembari bekerja, Torrance mengajak sang istri, Wendy dan anak semata wayangnya, Danny. Mereka tinggal selama musim dingin di hotel tersebut.

Sebelumnya, manajer Hotel Overlook, Stuart Ullman memperingatkan Torrance bahwa banyak kejadian aneh yang terjadi di Overlook. Salah satunya dialami penjaga hotel lama yang mendadak terkena demam kabin dan membunuh semua anggota keluarganya.

Baca juga: Sinopsis Film Horor Klasik The Shining, Teror Kelam Sebuah Hotel

Ia juga memperingatkan Torrance untuk menghindari Kamar 273 karena ada cerita mengerikan di balik kamar itu.

Namun, Torrance merasa tidak gentar dan memutuskan untuk tetap menerima pekerjaan itu. Keputusan ini membawanya pada mimpi buruk mengerikan yang menimpa dia dan keluarganya.

2. It (1986)

Badut Pennywise yang diperankan oleh Bill Skarsgard dalam film horor It. Film ini diadaptasi dari novel Stephen King berjudul sama yang diterbitkan pada 1990.New Line/Warner Bros Badut Pennywise yang diperankan oleh Bill Skarsgard dalam film horor It. Film ini diadaptasi dari novel Stephen King berjudul sama yang diterbitkan pada 1990.

It mengisahkan tentang cerita tujuh remaja dari kota fiksi bernama Derry yang harus berhadapan dengan iblis mengerikan yang suka memakan anak-anak kecil. Iblis ini seringkali mengambil wujud badut bernama Pennywise.

Kisah awalnya bermula ketika remaja bernama Bill Denbrough kehilangan adiknya, Georgie. Dia hilang secara misterius saat sedang bermain perahu kertas di selokan dekat rumah.

Baca juga: Sinopsis Film It, Mengungkap Teror Badut Pennywise, Tayang Malam ini di TransTV

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com