Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Melakukan Egg Freezing Seperti Luna Maya?

Kompas.com - 18/01/2022, 17:58 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aktris Luna Maya tak lagi mengkhawatirkan masa depannya sebagai wanita yang juga ingin memiliki keturunan, karena telah melakukan egg freezing sejak setahun lalu.

Di usia yang terus bertambah, aktris kelahiran tahun 1983 itu rupanya telah memutuskan untuk membekukan sel telurnya atau egg freezing.

Hal ini dilakukan agar kelak Luna bisa menggunakannya saat telah siap dan mendapat pendamping hidup.

"Aku udah freeze egg," tutur Luna dikutip dari YouTube Venna Melinda Channel.

Baca juga: Sudah Lakukan Egg Freezing, Luna Maya Tak Pusingkan Lagi Umur untuk Menikah

"Aku sebenarnya udah pengin dari empat tahun lalu, cuma baru kesampaian tahun lalu karena ternyata di Indonesia ada," lanjutnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, egg freezing atau mature oocyte cryopreservation adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan kemampuan wanita untuk hamil di masa depan.

Telur yang diambil dari ovarium akan dibekukan tanpa dibuahi dan disimpan untuk digunakan kemudian hari.

Telur beku dapat dicairkan, dikombinasikan dengan sperma di laboratorium atau disebut bayi tabung atau dengan ditanamkan kembali di rahim pemiliknya.

Hal ini biasa dilakukan sebagai pilihan saat seseorang belum siap hamil sekarang tapi ingin memastikan kelak bisa hamil.

Di Indonesia sendiri fasilitas egg freezing ada di Klinik Yasmin Kencana, RSCM, RS Bunda hingga Klinik Teratai Rumah Sakit Gading Pluit.

Belum diketahui besarnya biaya yang dihabiskan untuk melakukan hal ini di Indonesia.

Namun, dikutip dari FertilityIQ biaya untuk melakukan egg freezing di luar negeri membutuhkan biaya sekitar 15.000 hingga 20.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 215 juta hingga Rp 286 juta untuk perawatan dan penyimpanan.

Rata-rata, wanita memilih untuk menjalani dua siklus, dan biaya tahunan untuk menyimpan telur sekitar 600 hingga 1.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 8,6 juta hingga Rp 14 juta, tergantung pada fasilitasnya.

Sementara itu, pada wanita yang membekukan telur mereka di usia yang lebih tua kemungkinan akan membutuhkan lebih banyak telur yang disimpan daripada wanita yang lebih muda.

Untuk informasi, di luar negeri sendiri egg freezing sudah menjadi hal yang wajar, bahkan sudah ada beberapa perusahaan memberikan asuransi khusus bagi karyawan mereka yang ingin melakukan egg freezing.

Sedikit diantara perusahaan tersebut antara lain seperti Facebook, Microsoft, AT&T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com