Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil HyunA, Solois Kenamaan Korea Selatan Tunangan Dawn

Kompas.com - 04/02/2022, 15:35 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - Solois asal Korea Selatan HyunA baru saja membagikan kabar baik soal hubungan asmaranya dengan Dawn.

Setelah pacaran selama lima tahun, akhirnya HyunA dilamar oleh Dawn.

HyunA terpaut usia dua tahun dengan Dawn. Ia lahir dan debut lebih dulu menjadi penyanyi. Berikut profil HyunA yang telah debut sejak 2007.

Profil HyunA

HyunA lahir di Seoul pada 6 Juni 1992 dengan nama asli Kim Hyun Ah. Dia memulai debutnya sebagai idol di industri Korea Selatan saat usianya baru 15 tahun.

Baca juga: Perjalanan Cinta HyunA dan DAWN, Keluar dari Agensi hingga Lamaran

HyunA debut bersama grup Wonder Girls di bawah label JYP Entertainment. Kariernya bersama band tersebut sukses membuat namanya populer di industri hiburan Korea.

Namun tak lama sejak debutnya menjadi idol, HyunA hiatus karena sakit. Dia pun keluar dari Wonder Girls dan bergabung dengan agensi CUBE Entertainment.

Pada 2009, Hyuna debut bersama grup 4Minute. Kemudian memulai karier sebagai solois pada 2010 lewat lagu "Change".

HyunA dikenal sebagai idol multitalenta. Selain andal dalam menyanyi dan menari, HyunA juga kerap kali berkontribusi dalam pembuatan lagunya.

Baca juga: Profil Dawn, Rapper Eks Pentagon yang Baru Melamar HyunA

HyunA merilis mini album pertamanya sebagai solois lewat Bubble Pop! pada 2011. Dia kemudian ditunjuk CUBE Entertainment bergabung dengan grup duo Trouble Maker bersama eks Beast, Hyunseung.

Karier HyunA makin melejit usai kolaborasinya dengan PSY lewat "Gangnam Style" pada 2012 jadi sorotan dunia.

Sepanjang perjalanan kariernya sebagai solois, HyunA telah merilis tujuh mini album yaitu Bubble Pop! (2011), Melting (2012), A Talk (2014), A+ (2015), A 'Wesome (2016), dan Following (2017), dan I'm Not Cool (2021).

HyunA juga telah memenangi banyak penghargaan seperti Digital Bonsang di Golden Disc Awards 2014 lewat "Red", Streaming Award di Gaon Chart Music Awards 2010 lewat "Change", Best Collaboration di MAMA 2012 lewat "Trouble Maker", Dance Performance Awards di Seoul Music Awards (2015) lewat "Red", dan Best Dance Performance di MAMA 2015 lewat "Roll Deep".

Baca juga: HyunA Dilamar DAWN, Pamer Cincin di Instagram

Memasuki tahun 2016, 4Minute dibubarkan dan HyunA resmi hanya aktif menjadi solois. Namun pada 2017 HyunA kembali bergabung dengan grup trio besutan agensinya yaitu Tripe H.

Pada tahun 2018, HyunA menggemparkan publik usai mengumumkan bahwa dia berpacaran dengan Dawn eks Pentagon. Dawn adalah rekan satu agensi dan juga anggota Triple H. HyunA mengaku telah pacaran dengan Dawn sejak 2016.

Pengakuan HyunA soal hubungan asmaranya membuat dia dikeluarkan dari CUBE Entertainment. HyunA pun akhirnya bergabung dengan agensi P Nation milik Psy.

HyunA kerap kali memamerkan kemesraan dengan Dawn yang juga keluar dari CUBE Entertainment dan bergabung bersama P Nation.

Baca juga: Dawn Ungkap Kata yang Paling Ditakuti dari HyunA

Baru-baru ini HyunA merilis album 1+1=1 kolaborasi dengan kekasihnya itu.

Kabar baiknya, setelah bertahun-tahun pacaran HyunA akhirnya dilamar oleh Dawn. Dawn melamar HyunA pada Kamis (3/2/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com