Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Olivia Rodrigo, Pemenang 3 Penghargaan di Grammy Awards 2022

Kompas.com - 05/04/2022, 07:55 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

KOMPAS.com - Penyanyi sekaligus aktris 19 tahun asal California, Olivia Rodrigo, sukses bawa pulang 3 penghargaan di Grammy Awards ke-64.

Lewat single "Drivers License" dan album Sour, Olivia Rodrigo berhasil memenangi kategori Best Pop Solo Performance, Best New Artist, dan Best Vocal Album.

Kemenangan besar Olivia Rodrigo di Grammy Awards 2022 membuat namanya terus muncul di jajaran trending topic Twitter sejak Senin (3/4/2022).

Sukses borong Grammy Awards 2022 di usia 19 tahun, siapa sebenarnya Olivia Rodrigo?

Baca juga: Menang 3 Nominasi, Olivia Rodrigo Jatuhkan Satu Piala Grammy di Belakang Panggung

Profil Olivia Rodrigo

Olivia Isabel Rodrigo memulai kariernya di dunia hiburan sebagai aktris cilik.

Debut pada 2015 lewa film An American Girl: Grace Stirst Up Success, Olivia Rodrigo mulai dikenal setelah bergabung dengan serial Bizaardvark di Disney Channel pada 2016.

Gadis kelahiran 20 Februari 2003 itu memerankan karakter seorang gitaris bernama Paige Olvera selama tiga musim.

Tahun 2019, Olivia bergabung dengan serial Disney+ High School Musical: The Musical: The Series sebagai Nini Salazar-Roberts.

Baca juga: Olivia Rodrigo Kantongi 3 Piala Grammy Awards 2022

Suara Olivia mulai terdengar usai berkontribusi dalam soundtrack serial tersebut. Olivia menulis "All I Want" dan "Just for a Moment" OST High School Musical: The Musical: The Series.

Penampilannya dibanjiri pujian, Olivia Rodrigo dikontrak Interscope Records dan Geffen Records pada 2020 untuk didebutkan jadi penyanyi solo.

Single debut Olivia Rodrigo "Drivers Lincense" dirilis pada 8 Januari 2021 dan sukses memuncaki Billboard Hot 100. Lagu debut Olivia didengarkan sebanyak 17 juta kali di Spotify dua hari setelah perilisan.

"Drivers License" dinominasikan dalam beberapa kategori di Grammy Awards ke-64 yaitu Song of the Year, Record of the Year, dan Best Pop Solo Performance.

Baca juga: Bisikan Sesuatu, V BTS Bikin Olivia Rodrigo Terkejut

Berselang empat bulan, pada Mei 2021 Olivia Rodrigo merilis album studio pertamanya bertajuk Sour.

Berisi 11 lagu, album Sour dengan genre pop punk energetik hingga balada bedroom pop diterima dengan baik oleh pendengar.

Lagu-lagu dalam album Sour seperti "Deja Vu", "Good 4 U", dan "Traitor" menjadi hit sampai masuk 10 besar Billboard Hot 100.

Sour dijuluki sebagai album terbaik 2021 dan mendapatkan nominasi Grammy Awards ke-64 untuk kategori Album of the Year dan Best Vocal Album.

Menjadi penggemar berat Taylor Swift, Olivia Rodrido blak-blakan mengakui album Sour yang sukses besar terinspirasi dari Taylor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com