Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Lollapalooza? Festival Musik Amerika yang Hadirkan J-Hope BTS sebagai Headliner

Kompas.com - 08/06/2022, 08:35 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

Sumber iexplore

KOMPAS.com - J-Hope BTS didapuk jadi headliner festival musik terbesar di Chicago, Amerika Serikat, Lollapalooza.

Lollapalooza tahun ini akan digelar di Grant Park Chicago pada 28-31 Juli 2022. J-Hope akan tampil pada 31 Juli, menutup festival tersebut.

Selain J-Hope, musisi Korea yang hadir di Lollapalooza adalah Tomorrow x Together, yang merupakan grup Kpop di bawah agensi sama dengan BTS.

Adapun musisi lain yang menjadi headliner Lollapalooza tahun ini adalah Metallica, Dua Lipa, J.Cole, Green Day, Machine Gun Kelly, Lil Baby, dan Kygo.

Baca juga: J-Hope BTS Tunjukkan Dukungan untuk Juniornya TXT

Dikenal sebagai salah satu festival musik terbesar di Amerika Serikat, apa itu Lollapalooza dan bagaimana awal mula kemunculannya? Berikut rangkuman Kompas.com.

Festival Lollapalooza

Lollapalooza adalah festival musik tahunan yang diselenggarakan di Grant Park, Chicago, selama empat hari berturut-turut setiap bulan Juli.

Festival ini mulanya digelar nomaden sejak kemunculannya pada 1991, namun beberapa tahun kemudian Chicago dijadikan lokasi permanen untuk Lollapalooza.

Lollapalooza biasanya menghadirkan musisi dari genre rock alternatif, heavy metal, punk rock, hip hop, dan musik dansa elektronik.

Baca juga: Unggah Foto Bersama, J-Hope BTS Beri Dukungan untuk Lady Gaga

Sejarah Lollapalooza

Festival musik ini muncul pada tahun 1991 sebagai tur perpisahan Perry Farrel dari grup Jane's Addiction.

Tur pertama Lollapalooza hadirkan banyak band mulai dari indie hingga yang sukses di pasaran. Festival ini telah hadir di lebih dari 20 kota di Amerika Utara.

Festival musik ini berlangsung setiap tahun sampai 1997, lalu sempat hiatus hingga kembali muncul pada 2003 dan masih mendatangi berbagai kota.

Selanjutnya pada 2010, diumumkan bahwa Lollapalooza akan digelar secara permanen di Chicago, Illinois. Lollapalooza kemudian hadir dalam versi Brasil dan Argentina beberapa tahun kemudian.

Baca juga: J-Hope BTS Sembuh dari Covid-19, Dipastikan Ikut Grammy Awards

Keunikan Lollapalooza hadir sejak festival ini muncul untuk pertama kalinya.

Lollapalooza identik dengan penampilan musik alternatif dan permainan visual. Hal ini merupakan warisan dari Jane's Addiction, yang mana anggotanya adalah pencipta festival ini.

Seiring berjalannya waktu, jumlah penonton festival terus bertambah dari 65.000 orang sampai 100.000 orang setiap harinya.

Kini, festival Lollapalooza telah berusia 31 tahun. Usia festival ini mungkin lebih tua dari mayoritas penonton yang hadir setiap tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber iexplore
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com