Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Anthoni Salim, Ayah Cosplayer Alston Stephanus?

Kompas.com - 25/08/2022, 15:53 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal Alston Stephanus? Dia adalah seorang cosplayer asal Indonesia yang terkenal, bahkan sampai ke mancanegara.

Buktinya, pada 2017 Alston tampil di ajang internasional, tepatnya di Megacon Orlando 2017 yang berlangsung di Amerika Serikat.

Megacon Orlando adalah sebuah ajang bergengsi di mana sebagai tempat bertemunya para pecinta convention, kolektor mainan, penggemar berat AniManga, dan lain sebagainya.

Baca juga: Alston Stephanus Bisa Bikin Kostum Cosplay dalam Sembilan Hari

Alston Stephanus juga adalah pendiri dan direktur kreatif Alston Stephanus Accessories, sebuah butik fashion yang berbasis di Jakarta yang memproduksi aksesoris fashion haute couture yang rumit.

Di balik kesuksesannya, siapa sangka ternyata Alston Stehanus adalah putra dari pengusaha Anthoni Salim.

Lantas siapa Anthony Salim?

Anthoni Salim adalah seorang pengusaha sukses. Pria berusia 72 tahun ini adalah bos dari perusahaan jaringan retail Indomaret.

Baca juga: Alston Stephanus, Cosplayer Indonesia yang Melejit di AS

Dia juga pengendali utama bisnis mie instan Indofood yang merupakan produsen Indomie, mie instan terbesar dan paling populer di Tanah Air. Bahkan merambah di sejumlah negara di dunia.

Berbicara tentang bos Indomaret, dari situs resmi indomaret.co.id pada Maret 2022, terlihat ada 19.891 gerainya di Indonesia. Ribuan gerai tersebut sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Anthoni sukses menjadi pengusaha berkat turunan ayahnya, Sudono Salim yang merupakan pimpinan Salim Group.

Baca juga: Kembangkan Metaverse, Salim Group Gandeng WIR Bentuk Joint Venture

Salim grup adalah salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia. Salim Group memiliki bisnis yang luas di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi.

Keluarga Salim juga memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hongkong, First Pacific, yang punya aset besar sebanyak 27 miliar dolar AS.

Anthoni Salim dan keluarga memiliki total kekayaan hingga 8,5 dolar AS atau setara dengan Rp 127,5 triliun.

Baca juga: 6 Perusahaan, dari CT Corp, Salim Group hingga Grab, Ramai-ramai Caplok Bank Allo

Dengan total aset tersebut, Anthoni dan keluarga kini berada di posisi ketiga daftar orang terkaya RI versi Forbes setelah R Budi & Michael Hartono dan keluarga Widjaja.

Setelah Soeharto lengser dari kekuasaannya pada tahun 1998, keluarga Salim sempat kehilangan kendali mereka pada Bank Central Asia (BCA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com