Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Usia 70 Tahun, Tutie Kirana Cerita Perjalanan Hidup Lewat Sebuah Memoar

Kompas.com - 28/10/2022, 20:43 WIB
Baharudin Al Farisi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Tutie Kirana merilis buku yang berjudul Sebuah Memoar Tutie Kirana yang bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-70 tahun.

Sebuah Memoar Tutie Kirana itu diramu sebagai salah satu buku yang bercerita tentang kehidupan pemeran Gadis Kretek itu saat masih menyandang nama Astuti.

"Memoar ini mengisahkan perjalanan hidup Astuti yang sejak kecil diasuh ayahnya hingga dipisahkan oleh sebuah tragedi," kata Tutie Kirana di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Sinopsis Scripting Your Destiny, Kisah Cinta Antara Dewa dan Penulis

Bukan hanya itu, Tutie Kirana mengungkapkan bahwa Memoar tersebut memotret bagaimana kisah hidup Astuti saat beranjak dewasa hingga akhirnya menjelma menjadi seorang pemain film.

Namun, ujar Tutie Kirana, hal tersebut tidak berjalan mulus karena sering kali direndahkan selama berkecimpung di dunia seni peran.

Tutie Kirana menuturkan, dalam buku ini ia juga membagikan cerita tentang rumah tangganya.

Baca juga: Sinopsis Crush, Kisah Cinta Penyiar dan Penulis Lagu Tunanetra

Ia pernah menjalani kehidupan yang tidak mudah saat menjadi seorang orangtua tunggal dengan umurnya yang masih muda untuk dua anaknya pada saat itu.

Terlepas dari seorang figur publik, Tutie Kirana menegaskan bahwa ia hanyalah manusia biasa yang harus bekerja dengan giat demi mencari uang untuk keluarganya.

"Bagi masyarakat umumnya, dan komunitas, khususnya perempuan, agar bangkit untuk tegar, memberdayakan diri sebagai perempuan sejati yang layak mendapatkan perhatian. Bukan hanya ditindas dan dieksploitasi," ucap Tutie Kirana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com