Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeran Pengganti Disebut Apa? Stuntman atau Body Double?

Kompas.com - 14/12/2022, 18:21 WIB
Ady Prawira Riandi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeran pengganti adalah seseorang yang tugasnya menggantikan aktor atau aktris utama dalam suatu adegan berbahaya.

Adegan berbahaya yang dimaksud contohnya adalah melompat dari satu gedung ke gedung lain, ditembak senjata, atau melewati kobaran api.

Pemeran pengganti kini sudah menjadi bidang karier tersendiri karena permintaannya cukup tinggi.

Apa itu stuntman

Pemeran pengganti juga biasa disebut stuntman karena tugasnya adalah menggantikan aktor utama melakukan adegan-adegan berbahaya.

Tim produksi biasanya mempersiapkan hal ini karena melindungi aktor dari cedera di tengah syuting.

Meskipun demikian, beberapa aktor juga ingin bersikap profesional dan melakukan semua tugasnya di lokasi syuting tanpa bantuan stuntman.

Penggunaan stuntman adalah meminimalisir cedera seorang aktor karena harus melakukan adegan berbahaya.

Body double adalah

Istilah pemeran pengganti juga dikenal dengan body double atau tubuh ganda.

Sama halnya seperti stuntman, body double juga menggantikan aktor utama untuk adegan-adegan tertentu namun wajahnya sengaja tak disorot oleh kamera.

Wajah tubuh ganda sengaja dikaburkan atau tidak diambil sama sekali untuk mempertahankan ilusi bahwa mereka adalah karakter yang sama.

Body double atau tubuh ganda biasanya digunakan dalam adegan-adegan seperti bermain alat musik, menari, atau adegan seks.

Sejumlah aktor dan aktris tentu saja merasa tak nyaman untuk mempertontonkan tubuhnya di hadapan kru film selama syuting berlangsung.

Pada dasarnya, stuntman dan body double memiliki arti yang sama yakni sebagai pemeran pengganti dari aktor utama untuk adegan-adegan tertentu.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com