Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Artis Indonesia yang Membeli Kuda, untuk Hobi sampai Olahraga

Kompas.com - 21/12/2022, 17:47 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menunggangi kuda menjadi tren baru di kalangan artis Indonesia.

Ada yang membeli kuda karena sebagai hobi hingga menjadi olahraga baru yang ditekuni.

Berikut deretan artis Indonesia yang membeli kuda.

Nabila Syakieb

Aktris Nabila Syakieb mengaku hobi berkuda sejak kecil.

Pada 2011 silam ia memiliki dua kuda jenis warmblood dan satu jenis thoroughbred. Per ekor harganya Rp 500 hingga 750 juta.

Menikah dengan Reshwara Argya pada 2015, hobi tersebut semakin tersalurkan. Mertua Nabila memiliki bisnis pacuan kuda di Depok, Jawa Barat.

Keluarga Ruben Onsu

Presenter Ruben Onsu menghadiahi istrinya, Sarwendah sebuah kuda pada 2018 saat berulang tahun ke-29. Mereka menggilai olahraga ini dari Nabila Syakieb.

Kala itu Ruben menyebut harganya hampir Rp 1 miliar. Ruben membeli kuda tersebut dari Amsterdam, Belanda.

Bukan cuma untuk istri, Ruben juga menghadiahkan kuda ke putranya, Betrand Peto saat ulang tahun ke-15 pada 2020. Kuda tersebut didatangkan dari Jerman dan menjalani proses karantina selama tiga bulan.

Ruben enggan membeberkan harga kuda Betrand.

Sebagai pembanding, harga kuda Jerman sekitar 350 ribu Euro atau setara Rp 5 miliar seperti yang dimiliki atlet Indonesia yang bertanding di Asian Games 2018.

Ruben Onsu, Sarwendah dan Betrand Peto dalam acara Brownies di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2019).KOMPAS.com/IRA GITA Ruben Onsu, Sarwendah dan Betrand Peto dalam acara Brownies di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2019).

Keluarga Raffi Ahmad

Anak pertama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rafathar mendapat hadiah kuda poni dari neneknya, Rieta Amilia pada 2017 saat ulang tahun.

Suatu ketika Nagita mencoba berlatih berkuda bersama Nabila Syakieb. Ia langsung jatuh hati pada olarha tersebut ternyata.

Juni 2021, kuda pesanan Nagita akhirnya tiba di Jakarta dari Belanda. Kuda yang dinamai Elvy itu akan dipakai Rafathar untuk berlatih.

Sebenarnya, banyak artis lain yang gemar berkuda.

Sebut saja, Nia Ramadhani, Wulan Guritno, Anya Geraldine, Dian Sastro, Raline Shah, Ria Ricis, dan Gempita putri Gading Marten-Gisel Anastasia.

Namun tidak diketahui apakah kuda yang mereka gunakan tersebut milik mereka pribadi, kuda sewaan, atau cara lainnya.

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bersama putra mereka, Rafathar.Instagram/raffinagita1717 Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bersama putra mereka, Rafathar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com