Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2023, 14:39 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Miss Universe Indonesia merupakan sebuah kontes kecantikan yang dapat dikatakan baru menampakkan eksistensinya dibandingkan dengan kedua ajang serupa lainnya.

Kedua ajang lainnya adalah Miss Indonesia dan Puteri Indonesia.

Miss Universe Indonesia lisensinya dipegang oleh PT Capella Swastika Karya.

Baca juga: Penjelasan Inul Daratista soal Hubungannya dengan Poppy Capella, Direktur Miss Universe Indonesia 2023

Miss Universe Indonesia sendiri pertama kali mengawali debut perdananya pada 8 Februari 2023 dan baru menyelesaikan kontes pertamanya.

Bukan tanpa sebab, pembentukan Miss Universe Indonesia sendiri diawali saat JKN Global Group secara resmi mengakuisisi Organisasi Miss Universe pada Oktober 2022.

JKN Global Group selaku konglomerat media dan konten yang berasal dari Thailand tersebut sempat membeli lisensi dari Miss Universe Organization senilai 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 311,2 miliar.

Baca juga: Polisi Periksa 9 Saksi dan Beberkan Fakta Baru Dugaan Kasus Pelecehan Miss Universe Indonesia

Sejalan dengan hal itu, ajang kecantikan Miss Universe di Indonesia kini diselenggarakan oleh PT Capella Swastika Karya.

Kontes kecantikan ini diharapkan dapat menjadi sebuah kontes kecantikan terdepan yang bakal menerima semua etnis, budaya, latar belakang, hingga agama.

Setelahnya, nama yang menyandang gelar pemenang Miss Universe Indonesia akan menjadi satu-satunya perwakilan dari Tanah Air dalam berkompetisi di ajang Miss Universe.

Pemenang Pertama

Fabienne Nicole Groeneveld merupakan pemenang dan telah menjadi wanita pertama di Indonesia yang menyandang gelar Miss Universe Indonesia.

Ia akan menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dalam melanjutkan kompetisinya di ajang kecantikan Miss Universe.

Miss Universe Indonesia berada di bawah naungan PT Capella Swastika Karya memiliki CEO yang bernama Poppy Capella.

Baca juga: Kuasa Hukum Sebut Tidak Ada Agenda Body Checking di Rundown Miss Universe Indonesia 2023

Poppy sempat ditunjuk sebagai National Director Miss Universe Indonesia bersama dengan Safa Attamimi dan sejumlah nama lainnya.

Meski tak setua beberapa ajang kontes kecantikan di Indonesia lainnya, Miss Universe Indonesia sendiri telah mendapatkan berbagai atensi dan perhatian dari khalayak publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com