Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2023, 15:00 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Monkey D Luffy telah sampai ke Negeri Wano untuk melawan Kaido sang makhluk buas dalam rangka menjadi raja bajak laut.

Dalam Arc Wano tersebut, para fans anime ini dibikin takjub. Luffy sendiri telah berhasil membangkitkan Gear Fifth miliknya.

Lantas, apa saja kekuatan yang dimiliki oleh wujud terkuat dari pemilik buah iblis Gomu Gomu no Mi itu?

Penjelasan mengenai Hito Hito no Mi

Gear Fifth sendiri merupakan gear terkuat dari Gomu Gomu no Mi, wujud ini bisa disebut sebagai Hito Hito no Mi.

Bagi penggunanya, Gear Fifth dapat meningkatkan kemampuan pengguna dalam memanipulasi karet tak hanya pada dirinya sendiri, melainkan juga dapat diaplikasikan pada lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Preview One Piece Episode 1072, Luffy Tunjukkan Kemampuan Gear 5

Hal ini dapat dilihat saat Kaido menembakkan Bolo Breath miliknya kepada Luffy, yang kemudian dihalang oleh dataran tanah yang menjadi karet sehingga memantulkan kekuatan Kaido kembali kepada dirinya.

Hal tersebut dapat dilakukan oleh Luffy dengan mudahnya. Ia telah mendapatkan sebuah kebebasan mutlak dalam memanipulasi karet yang jauh lebih fleksibel dibandingkan Gear Fourth miliknya.

Meskipun pada akhirnya membuat pemakai topi jerami ini menjadi semakin lawak dan lucu penampakannya di dalam anime tersebut.

Warrior of Liberation

Hito Hito no Mi dapat memberikan penggunanya sebuah kemampuan untuk bertarung dengan sesuka dan seingin hati mereka.

Pengguna kekuatan ini juga akan menjadi “Warrior of Liberation”, yang membuat pengguna dapat merasakan sensasi kesenangan dan kebebasan meskipun sedang berada dalam pertarungan yang memojokkan nyawa mereka.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kekuatan Gear 5 Luffy di One Piece

Hal inilah yang kemudian membuat kemampuan buah ini disebut sebagai “Kekuatan terkonyol di dunia”.

Drums of Liberation

Dalam kondisi gear ini, degup jantung yang dimiliki Luffy meningkat secara drastis bersamaan dengan irama musik yang dikeluarkannya.

Kondisi ini disebut sebagai “Drums of Liberation”, yang kemudian membuat rambut dan pakaian Luffy berubah menjadi putih, matanya bersinar dengan pupil merah di tengahnya, hingga awan kecil putih yang mengelilingi lehernya.

Baca juga: Kegembiraan Penggemar Sambut One Piece Gear 5 Luffy

Satu-satunya hal yang tidak berubah dari Luffy merupakan ciri khas miliknya (meliputi topi jerami, sabuk, dan sandal), kondisi inilah yang kemudian membuatnya dapat meningkatkan semua aspek kekuatan, kelincahan, hingga durabilitas berkat kondisi Drums of Liberation.

Kemampuan dan teknik

Sejatinya, kekuatan Luffy dalam Gear Fifth ini dapat dikembangkan lagi, mengingat ia memiliki kebebasan mutlak dalam memanipulasi karet sebagai kemampuannya.

Berikut merupakan kekuatan Luffy dalam Gear Fifth miliknya yang telah diketahui sejauh ini:

  • Kekuatan, kecepatan, ketangguhan, hingga durabilitas yang dimiliki oleh Luffy meningkat drastis. Kemampuan ini bahkan dapat disandingkan dengan level Yonko, mengingat hal ini dapat membuatnya menampilkan berbagai macam serangan yang tidak terbayangkan.
  • Luffy dapat memakai Gear Third dan Gear Fourth miliknya secara bebas dalam gear fifth ini, tanpa harus meniup udara terlebih dahulu menuju tubuh miliknya.
  • Luffy dapat dengan cepat meregenerasi tubuhnya dari berbagai serangan yang ia terima sewaktu bertempur.
  • Luffy dapat menyatukan kedua Armament dan tipe-tipe Haki Penakluk di waktu yang bersamaan.
  • Fleksibilitas dari tubuh karet Luffy dapat digabungkan dengan kebebasan miliknya untuk mendapatkan kebebasan mutlak, hal inilah yang kemudian membuatnya memiliki tampang yang sangat kekartunan. Seperti contohnya, Luffy dapat membungkus kepalanya di sekitar kepala Kaido apabila melihat dari manganya.
  • Luffy dapat mengubah lingkungan sekitarnya menjadi karet, bahkan dapat merubah material khusus menjadi karet yang pada akhirnya dapat ia gunakan untuk menyerang musuhnya.

Selain itu, tak hanya kekuatannya yang meningkat, Luffy juga dapat meningkatkan teknik-teknik yang ia miliki sebelumnya, meliputi:

  • Gomu Gomu no Gigant (Gum-Gum Giant): Luffy dapat berubah menjadi raksasa berkat teknik ini.
  • Gomu Gomu no Bajrang Gun (Gum-Gum Bajrang Gun): Luffy dapat membuat tinjunya sebesar pulau Onigashima dan menambahkan berbagai Armament dan Haki dalam serangannya.
  • Gomu Gomu no Fusen (Gum-Gum Balloon): Luffy dapat berubah seperti balon berkat teknik ini.
  • Gomu Gomu no Dawn Rocket (Gum-Gum Dawn Rocket): Luffy dapat menempatkan tangannya bak sebuah roket.
  • Gomu Gomu no Dawn Whip (Gum-Gum Dawn Whip): Luffy dapat meregangkan kakinya bagaikan cambuk dalam teknik ini.
  • Gomu Gomu no Mogura Pistol (Gum-Gum Mole Pistol): Saat Luffy menyerang tanah, ia dapat meregangkan keadaan disekitarnya menjadi sebuah bentuk mirip tentakel yang pda akhirnya ia gunakan untuk menyerang musuhnya.
  • Gomu Gomu no Kaminari (Gum-Gum Lightning): Luffy dapat menyerang dan memakai serangan petir untuk ia gunakan pada musuhnya.
  • Gomu Gomu no Dasshutsu Rocket (Gum-Gum Escape Rocket): Saat Luffy terperangkap dalam tubuh Kaido, ia dapat meregangkan tangannya untuk menyerang mata dan hidung Kaido untuk melarikan diri.
  • Gomu Gomu no Nawatobi (Gum-Gum Jump Rope): Dalam wujud raksasanya, Luffy dapat menangkap musuhnya dan meregangkan mereka untuk dijadikan lompat tali.

Sumber: Onepiece.fandom.com dan beebom.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com