Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Valerina Daniel, Pembawa Acara Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka

Kompas.com - 18/08/2023, 21:25 WIB
Sania Mashabi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valerina Novita Daniel atau Valerina Daniel adalah seorang dan penyiar televisi berkebangsaan Indonesia.

Ia mengawali karier di dunia pertelevisian Indonesia setelah menjadi pembaca berita di statiun televisi TPI (sekarang MNCTV)  pada tahun 2000.

Perempuan yang akrab disapa Val itu menjadi pembaca berita sambil memyelesaikan studinya di Universitas Indonesia jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Selain menjadi pembaca berita, Val juga menjadi asisten produser acara Liga Inggris TPI. Setelah lulus kuliah, Val memilih pindah dari TPI ke Metro TV.

Di Metro TV ia menjadi seorang jurnalis yang berkesempatan meliput penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Helsinki, Finlandia.

Val juga memandu beberapa acara berita seperti Top Line News dan Metro Realitas yang kala itu tayang setiap hari Selasa.

Ikut kontes kecantikan dan beasiswa

Sebelum masuk ke dunia pertelevisian Indonesia, Val pernah mengikuti ajang kontes kecantikan None Jakarte mewakili Jakarta Timur di tahun 1999.

Kemudian ia juga memenangkan ajang kontes kecantikan Putri Indonesia 2005 dari DKI Jakarta 6 dan meraih juara ketiga atau runner-up kedua.

Wanita kelahiran 25 November 1978 ini juga pernah menjadi duta tetap Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia.

Selama menjabat sebagai Duta Lingkungan, Valerina menerbitkan leaflet berbagai leaflet untuk menjaga bumi khususnya Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Valerina Daniel (@valerinadaniel)

Seperti Cara Oke Pelihara Bumi (COP13), kartu Puspa dan Satwa Indonesia, Easy Green Living, serta seri anak Aku Sayang Bumi, dan Aku Peduli Lingkungan.

Valerina juga mendapat beberapa beasiswa selama mengenyam pendidik seperti pertukaran pelajar AFS Indonesia-AS pada tahun 1996-1997.

Lalu, beasiswa Australian Leadership Awards untuk meneruskan studi S2 di bidang Master of Communications and Media Studies di Monash University, Melbourne, Australia pada tahun 2009.

Ia kemudian lulus dengan predikat high distinction pada tahun 2010. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2011 kembali menjadi penyiar televisi di Liputan 6 SCTV.

Pindah ke Amerika Serikat

Valerina yang menikah dengan Febby Andryananto pada 2007 memutuskan dan pindah ke Washington DC, Amerika Serikat pada tahun 2012 untuk mendampingi suaminya bekerja.

Baru pada 2015, Val kembali menjadi penyiar televisi di siaran Beritasatu.

Baru-baru ini Valerina juga didapuk sebagai pembawa acara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023).

Saat membawakan acara Valerina menggunakan pakaian adat daerah Sumatera Barat yakni Minangkabau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com