Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isyana Sarasvati Merasa Terhormat Jadi Fatmawati di Pergelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara

Kompas.com - 21/08/2023, 13:04 WIB
Ady Prawira Riandi,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Isyana Sarasvati merasa terhormat dipercaya mengenakan pakaian Fatmawati di Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara.

Dalam penampilan pertamanya, Isyana tampil mengenakan songket, kebaya putih, dan selendang putih layaknya Fatmawati rancangan desainer Era Soekamto.

"Suatu kehormatan bisa mengenakan pakaian seperti Ibu Fatmawati, senang banget bisa seolah-olah masuk ke dalam ruhnya, walaupun memang beliau adalah sosok yang tidak akan tergantikan," kata Isyana dalam konferensi pers Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara.

Baca juga: Isyana Sarasvati Bakal Tampil dengan Busana Fatmawati di Sabang Merauke 2023

Sementara saat membawakan lagu "Bubuy Bulan", Isyana Sarasvati mengganti busananya dengan kebaya klasik batik berprada emas dan aksesoris siger dari Subeng Klasik.

Pelantun lagu "IL SOGNO" tersebut merasakan sensasi nostalgia karena mengenakan busana itu.

"Sementara ketika aku mengenakan pakaian khas Sunda itu rasanya nostalgic banget, karena aku besar di Bandung," kata Isyana.

Baca juga: Isyana Sarasvati Dipastikan Tampil di Pagelaran Sabang Merauke 2023

Isyana Sarasvati berharap penampilannya di Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara bisa menginspirasi generasi muda untuk mengenal lagi budaya-budaya yang tersebar di negeri Indonesia.

"Dengan aku menggunakan pakaian tradisional bisa meningkatkan kembali awareness tentang berbagai macam keindahan budaya dan tentang pahlawan-pahlawan negara kita," katanya.

Senada dengan Isyana, Era Soekamto juga berharap penonton Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara menjadi semangat untuk kembali mengenakan kain-kain indah dari Indonesia.

Baca juga: Suka Filmnya, Isyana Sarasvati Kecil Bermain ala Petualangan Sherina dengan ART-nya

"Selain penampilan yang sarat akan budaya, kami juga mengajak para audiens untuk mengenakan kain-kain wastra Nusantara terbaiknya," kata Era Soekamto.

Tidak hanya menyuguhkan pertunjukan musik dan tari, Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara juga menampilkan koleksi wastra Nusantara dari 17 desainer kenamaan yang merupakan anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI).

Beberapa desainer yang menyumbangkan karyanya di antaranya adalah Era Soekamto, Ivan Gunawan, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, serta keterlibatan desainer dari rumah mode diantaranya Iwan Tirta Private Collection, Griya Ageman, dan Subeng Klasik serta Ivan Gunawan Cosmetics.

Baca juga: Bermain di Petualangan Sherina 2, Isyana Sarasvati: Habis Ini Mungkin Akan Banyak Haters

Karya-karya para desainer tersebut ditampilkan oleh finalis Miss Mega Bintang Indonesia 2023 dan juga oleh Miss Grand Indonesia 2023, Ritassya Wellgreat.

Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara sukses digelar selama dua hari pada 19 dan 20 Agustus 2023 di JI-EXPO Theater, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com