Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2023, 19:36 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jenna Ortega merupakan seorang aktris berkebangsaan Amerika.

Ia dikenal berkat perannya dalam sejumlah film yang ia bintangi seperti Scream (2022), Scream VI (2023), hingga serial populer Wednesday (2022).

Meski Ortega baru saja memulai debutnya di dunia perfilman Hollywood, ia memiliki daftar judul film yang pernah ia bintangi.

Baca juga: Jenna Ortega Bantah Kabar Berkencan dengan Johnny Depp

Gadis yang kini berusia 21 tahun itu memiliki nama asli Jenna Marie Ortega, tetapi biasanya ia kerap dipanggil dengan nama panggungnya Jenna Ortega.

Ia lahir pada 27 September 2002 di Coachella Valley, California dan menjadi anak keempat dari enam bersaudara.

Kedua orangtuanya merupakan keturunan Meksiko, ayahnya Edward Ortega merupakan seorang pebisnis yang berasal dari Meksiko sedangkan ibunya Natalie Ortega merupakan seorang perawat.

Pada awalnya, Ortega merupakan seorang aktor cilik yang memulai kariernya di CSI: NY, sebuah serial spin off dari CSI: Crime Scene Investigation.

Baca juga: Jenna Ortega Menangis hingga Tak Bisa Tidur Selama Syuting Wednesday, Kenapa

Semenjak masa awal kariernya itu, Ortega pun kerap membintangi berbagai serial dan film seperti Iron Man 3 (2013), Jane the Virgin (2014–19), hingga serial Disney Stuck in the Middle (2016-2018).

Setelah keikutsertaannya dalam beberapa serial dan film tersebut, nama Ortega kian melambung berkat keelokannya dalam seni bermain peran.

Ortega kemudian mulai membintangi berbagai tawaran lainnya seperti serial Netflix Wednesday (2022), hingga waralaba populer Scream (2022) dan juga Scream VI (2023).

Berkat peran Tara Carpenter yang ia mainkan dalam film Scream (2022), Ortega berhasil memenangkan penghargaan MTV Movie dan TV Awards sebagai penampilan paling menakutkan pada tahun 2022.

Selain penampilannya dalam Scream, Ortega juga sempat memenangkan penghargaan aktris terbaik dalam serial horror berdasarkan Critics’ Choice Super Awards berkat perannya dalam serial Netflix Wednesday (2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com