Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Animator Crayon Sinchan, Disebut Meninggal Terpeleset di Gunung

Kompas.com - 02/11/2023, 15:04 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Kematian Yoshito Usui, pencipta manga dan anime Crayon Shinchan, disebut masih menjadi salah satu legenda urban di Jepang bahkan setelah bertahun-tahun berlalu.

Yoshito dikabarkan jatuh dari tebing dan baru ditemukan seminggu setelah ia dilaporkan hilang oleh istrinya pada 11 September 2009.

Jenazahnya ditemukan di bawah tebing gunung yang berbatasan dengan Gumma dan Nagano.

Laporan menyatakan bahwa dia terpeleset dan jatuh saat mencoba mengambil foto tebing saat memanjat.

Baca juga: Idol Kpop TXT Muncul di Episode Spesial Animasi Crayon Sinchan

Juru bicara Futabasha, penerbit serial manga tersebut, juga mengatakan bahwa Usui pasti tidak sengaja terjatuh.

Ini mereka lihat berdasarkan kamera digital yang ditemukan di tempat kejadian, yang gambar terakhirnya adalah bagian bawah tebing.

Tetapi ada spekulasi bahwa dia mungkin benar-benar bunuh diri.

"Itu adalah hari setelah dia dilaporkan hilang. Saya kebetulan berjalan melewati rumahnya, dan mendengar suara seorang wanita paruh baya yang pasti sedang berbicara dengan seseorang melalui telepon," kata seorang tetangga Usui.

"Saya mendengar dia berkata, 'Apa yang harus saya lakukan jika dia bunuh diri! Kedengarannya seperti dia hampir putus asa," imbuhnya.

Pada hari yang sama, istri Usui telah pergi ke polisi untuk menyatakan bahwa keluarga dan kerabat khawatir bahwa hilangnya Usui bukanlah sebuah kecelakaan, tetapi kemungkinan besar ia bunuh diri.

Seorang sumber di penerbit mengatakan bahwa Usui, yang biasa menyelam dan memancing dengan teman-teman yang berhubungan dengan pekerjaannya, telah menghentikan semua rekreasi semacam itu dalam beberapa tahun terakhir.

Seorang kenalan lainnya juga ingat bahwa ia menjadi tertutup selama 2 hingga 3 tahun terakhir, yang membuat banyak orang yang mengenal Usui khawatir.

Selain itu dugaan bunuh diri ini dikaitkan dengan cerita yang pernah dibuatnya untuk Sinchan.

Di volume 19 komik aslinya, Kazama-kun (karakter di Sinchan) dari masa depan membuat pernyataan yang berarti dalam episode Terminator VS Shinnosuke.

Pernyataan tersebut adalah "'Apa yang akan terjadi pada tahun 2010?'" 'Saya sangat kesal dengan pertanyaan Shinnosuke dan menjawab,' Apakah Anda yakin ingin bertanya? Apakah ini karena mereka mengharapkan Yoshito Usui akan mati?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com