Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2023, 15:18 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hatsune Miku merupakan sebuah karakter yang terdapat dalam mesin Vocaloid 2.

Ia pertama kali dikembangkan oleh Crypton Future Media, Inc. dengan kode nama CV01 yang dikeluarkan pada Agustus 2007.

Melansir dari laman resmi Crypton, Miku merupakan synthesizer suara nyanyian yang telah ditampilkan dalam 100.000 lebih lagu yang sempat dirilis di seluruh dunia.

Baca juga: Lirik Lagu Aishite Aishite Aishite dari Kikou feat. Hatsune Miku

Ia bahkan memiliki sebuah biodata lengkap layaknya manusia sungguhan, yang meliputi usia, tanggal lahir, tinggi badan, dan berbagai hal personal lainnya.

Nama Hatsune Miku sendiri memiliki arti ”Suara Dari Masa Depan”, sedangkan kode nama CV01 berarti “Suara Karakter 01”.

Semasa awal dikeluarkannya, synthesizer tersebut mendapatkan berbagai sambutan hangat dari para penggemar.

Baca juga: Lirik Lagu Patchwork Staccato dari Toa feat. Hatsune Miku

Hatsune Miku kemudian mulai menjadi selebriti dunia maya yang dibangun secara kolaboratif dengan berbagai komunitas yang berkembang melalui platform digital.

Berkat peran budaya di sekitarnya yang terus mendorong komunitas untuk memproduksi dan berbagi konten terkait Miku, kini karakter tersebut kerap disebut sebagai salah satu ikon yang dikenal luas secara global.

Melihat potensi dan kepopularitasan Miku yang semakin meningkat, Crypton kemudian mulai terjun secara langsung dalam menangani berbagai hal terkait promosi produk synthesizer-nya ini.

Baca juga: Lirik Lagu Ghost Rule dari DECO*27 Feat. Hatsune Miku

Hal tersebut membuat nama Miku terus melonjak drastis, sampai-sampai membuat karakter itu memiliki lebih dari 900.000 penggemar yang tersebar luas di Facebook.

Bahkan berkat kepopularitasannya itu, hingga sejauh ini telah terdapat 100.000 lagu, 170.000 video YouTube, serta 1.000.000 karya seni dengan nama Hatsune Miku sebagai sorotan utamanya.

Karakter tersebut juga sempat melakukan konser 3D di berbagai negara meliputi Los Angeles, Taipei, Hong Kong, Singapura, dan juga Tokyo dengan penjualan tiket yang langsung terjual habis di seluruh dunia.

Selain itu, Miku juga pernah melakukan sejumlah kolaborasi dengan beberapa perusahaan-perusahaan raksasa seperti SEGA, Toyota USA, Google, dsb.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com