Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2023, 22:56 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hatsune Miku merupakan karakter pengisi suara (synthetizer) yang dibuat dan ditujukan untuk mengisi mesin Vocaloid 2.

Setelah debut pertamanya pada 2007, Miku mendapatkan berbagai sambutan hangat dari para fans yang kemudian membuat kepopularitasan karakter tersebut kian melonjak.

Ia bahkan dianggap sebagai salah satu ikon dunia berkat hal itu, meliputi dirilisnya 100.000 lagu, 170.000 video YouTube, serta 1.000.000 karya seni dengan Hatsune Miku sebagai sorotan utamanya.

Baca juga: Siapa Itu Hatsune Miku?

Melansir dari laman Vocaloid Fandom pada Kamis (2/11/2023), suara Miku sendiri diisi oleh seorang pengisi suara yang bernama Saki Fujita.

Diketahui sebelumnya, Saki Fujita merupakan seorang voice actress ternama berkebangsaan Jepang.

Selain menyuarai Miku, Fujita juga sering terlihat sewaktu mengisi berbagai suara dalam sejumlah serial anime seperti Working!! di mana Fujita mengisi suara Mahiru Inami, hingga serial Attack On Titan di mana Fujita mengisi suara Ymir.

Baca juga: Lirik Lagu Ievan Polkka - Hatsune Miku

Suaranya yang lembut dan jernih kemudian menarik perhatian Crypton Future Media, Inc., sebuah perusahaan yang bertanggung jawab terhadap pembuatan mesin Vocaloid.

Berkat ketertarikannya terhadap Fujita, Crypton kemudian merekrut wanita tersebut guna menyuarai produk Vocaloid 2 terbaru mereka yang bernama Hatsune Miku.

Setelah Fujita menyuarai Miku pada 2007, karakter diva tersebut terus mengalami perkembangan yang meliputi penambahan berbagai voicebank baru.

Baca juga: Lirik Lagu Inochi ni Kirawarete iru - Hatsune Miku

Salah satunya meliputi dirilisnya voicebank bernama “Append” pada 2009 dengan berbagai varian yang terdapat di dalamnya, voicebank tersebut juga kembali disuarai oleh Fujita.

Tak hanya itu, Fujita juga kembali menyuarai Miku dalam Vocaloid 3 di mana ia menambahkan sebuah voicebank baru dengan bahasa Inggris.

Ia bahkan harus belajar bahasa Inggris guna menyempurnakan sampel suaranya itu, menggunakan sebuah program pembelajaran yang bernama "Engrish away!".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com