Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 10 Tahun, Anime Attack on Titan Dinyatakan Tamat

Kompas.com - 07/11/2023, 15:36 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah merilis episode terakhirnya pada Sabtu (4/11/2023) kemarin, anime Attack on Titan telah menemui penghujung ceritanya.

Episode yang bertajuk “Attack on Titan: The Final Season - Kanketsu-hen” menjadi penutup dari waralaba tersebut, menceritakan akhir dari Eren Yeager selaku tokoh utama dalam serial itu.

Anime yang memiliki nama asli Shingeki no Kyojin ini pertama kali mengudara pada 10 tahun yang lalu, lebih tepatnya pada 7 April 2013 di Mainichi Broadcasting System.

Baca juga: Attack on Titan The Final Season Part 4 Tayang 4 November 2023

Shingeki no Kyojin sendiri diangkat berdasarkan manga pemenang penghargaan dengan nama yang sama milik mangaka Hajime Isayama.

Funimation melisensikan serial ini untuk perilisan bahasa Inggris serta mengalirkan serial tersebut di situs webnya bersamaan dengan Crunchyroll.

Pada musim pertama hingga musim ketiganya, Wit Studio berserta Production IG menjadi rumah produksi dari anime Shingeki no Kyojin.

Baca juga: Trailer Baru Anime Attack On Titan The Final Season Part 4

Baru setelah musim keempatnya, rumah produksi dari anime ini berganti menuju studio MAPPA hingga akhir ceritanya.

Diketahui, manga Shingeki no Kyojin sendiri telah selesai pada tahun 2021 lalu dengan mencakup 139 chapter yang telah dikeluarkannya sejak 2009.

Tak hanya itu, manga Shingeki no Kyojin sendiri juga berhasil menyabet Kodansha Manga Award dengan kategori Shonen pada tahun 2011.

Baca juga: Bocoran Tanggal Rilis Attack On Titan Episode Terakhir Season 4

Sedangkan untuk animenya sendiri, Shingeki no Kyojin memiliki 4 musim yang telah mengudara termasuk 6 buah Original Animation DVD (OAD) yang telah dirilis serta sebuah Live Action pertamanya.

Semasa perjalanannya, anime Shingeki no Kyojin berhasil meraih beragam penghargaan berkat ceritanya yang apik.

Anime ini berhasil memenangkan Animation of the Year dengan kategori Televisi di Tokyo Anime Award Festival pada tahun 2014 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com