Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Okapi Titan yang Muncul di Ending Attack on Titan

Kompas.com - 10/11/2023, 15:17 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam ending cerita Attack on Titan, Eren Yeager sempat membangkitkan kesembilan Titan sesaat ia tengah mengambil wujud Founding Titan miliknya.

Hal tersebut ia lakukan guna menghalangi para regu pengintai yang mencoba menghentikannya, tak terkecuali Armin Arlert yang pada saat itu hendak berubah menjadi Colossal Titan.

Sayangnya, Armin kemudian diculik oleh sebuah Titan bernama Okapi, membuatnya tertelan oleh Titan tersebut hingga terlempar menuju Jalur Koordinat di mana ia bertemu dengan Zeke Yeager.

Baca juga: Setelah 10 Tahun, Anime Attack on Titan Dinyatakan Tamat

Perlu diketahui bahwasanya kesembilan Titan yang dibangkitkan oleh Eren merupakan mantan pewaris sah dari kekuatan Titan yang pernah mereka miliki.

Beberapa di antaranya meliputi Grisha Yeager, Porco Galliard, Bertolt Hoover, hingga Tom Ksaver. Masing-masingnya merupakan mantan pewaris kekuatan Titan yang telah meninggal.

Akan tetapi, sebuah Titan bernama Okapi pun ikut muncul dalam kebangkitan kesembilan titan itu.

Baca juga: Attack on Titan The Final Season Part 4 Tayang 4 November 2023

Bahkan, asal-usul hingga latar belakang dari Titan tersebut juga tidak diceritakan, meninggalkan sebuah plot hole bagi ending cerita Attack on Titan itu sendiri.

Okapi Titan digambarkan sebagai Titan yang kecil. Ia memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan cara berjalan yang menggunakan empat kaki.

Meski ciri-ciri Titan ini hampir mirip dengan Cart Titan, tetapi Okapi Titan kerap diasumsikan sebagai Beast Titan oleh para penggemarnya.

Asumsi tersebut didukung berkat postur kepala Titan itu yang memang menyerupai hewan Okapi, meskipun bagaimana latar belakang dari Okapi Titan sendiri belum diketahui.

Baca juga: Trailer Baru Anime Attack On Titan The Final Season Part 4

Titan ini juga dirumorkan menjadi pewaris sah dari sembilan Titan pertama yang terdapat di awal serial tersebut dengan ia yang menjadi pemegang kekuatan dari Beast Titan.

Akan tetapi, belum diketahui pula mengenai siapa mantan pewaris sah serta bagaimana latar belakang dari kekuatan Titan ini mengingat kurangnya pengenalan karakter dari Okapi.

Mengingat hewan Okapi tidak menghuni benua tempat asal Eldia dan Marley, pada akhirnya latar belakang dan sejarah Titan jenis ini meninggalkan sebuah misteri yang belum terungkap dalam cerita Attack on Titan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com