Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Mikasa Ackerman Menikah di Akhir Attack on Titan?

Kompas.com - 10/11/2023, 17:16 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mikasa Ackerman merupakan karakter protagonis dalam cerita Attack on Titan. Mulanya, Mikasa diceritakan sebagai teman masa kecil dari Eren Yeager.

Seiring berjalannya waktu, Mikasa kemudian mulai menaruh perasaan cinta terhadap Eren, yang sayangnya tidak terbalaskan karena kematian Eren di akhir cerita Attack on Titan.

Berkat hal itu, banyak pula dari para penggemar yang berspekulasi dan memberikan teorinya mengenai “Apakah Mikasa Ackerman menikah setelah kematian Eren Yeager?”

Baca juga: Misteri Okapi Titan yang Muncul di Ending Attack on Titan

Bahkan, beberapa platform media sosial dibuat gaduh oleh para penggemar berkat teori yang dibawakan oleh masing-masing pengikutnya itu.

Seperti apa yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan teori mengenai Mikasa Ackerman yang disebut-sebut menikah maupun tidak dalam cerita Attack on Titan.

Mikasa menikah dengan Jean Kirstein

Dalam Chapter 139 di manganya, Mikasa terlihat mendatangi makam Eren Yeager bersama dengan seorang lelaki dan anak.

Meski wajah lelaki dan anak tersebut tak diperlihatkan, tetapi banyak dari para penggemar yang berpendapat jika lelaki tersebut merupakan Jean Kirstein.

Postur tubuh, rambut, hingga berbagai spekulasi lainnya seolah menguatkan jika lelaki tersebut merupakan Jean dan mereka telah menikah serta dikaruniai seorang anak.

Baca juga: Setelah 10 Tahun, Anime Attack on Titan Dinyatakan Tamat

Jean merupakan salah satu anggota dari pasukan operasi khusus Survey Corps di mana Mikasa juga ikut di dalamnya.

Bahkan, Jean juga sempat menyukai Mikasa semenjak awal pertemuannya dulu yang membuat teori ini semakin kuat di kalangan para penggemar.

Mikasa tidak menikah

Masih dalam Chapter 139 di mana Mikasa mendatangi makam Eren bersama dengan seorang lelaki, teori ini mengatakan jika lelaki tersebut merupakan Armin Arlert.

Armin telah menjadi sahabat Mikasa sejak masa kecil mereka dulu dan kedekatan mereka tidak perlu diragukan lagi.

Oleh karenanya, para penggemar kemudian berpendapat jika lelaki yang berada di samping Mikasa tersebut merupakan Armin, sedangkan anak yang berada bersama mereka merupakan anak adopsi.

Baca juga: Attack on Titan The Final Season Part 4 Tayang 4 November 2023

Teori ini mengatakan jika Mikasa hanya datang menuju makam Eren ditemani dengan Armin dan anak adopsinya, sedangkan Mikasa sendiri tidak pernah menikah.

Perasaan cinta yang ia miliki terhadap Eren sangatlah dalam, dan Mikasa akan tetap mencintainya bagaimanapun keadaannya.

Teori ini diperkuat dengan panel manga sewaktu Mika Ackerman meninggal, di mana dalam panel terlihat bahwa Mikasa masih mengenakan syal pemberian Eren semasa kecilnya dulu.

Selain itu, Mikasa juga belum membuka perban di tangannya di mana hal tersebut dikaitkan dengan tato yang belum diberikannya kepada anaknya.

Baca juga: Bocoran Tanggal Rilis Attack On Titan Episode Terakhir Season 4

Dalam kematiannya, Mikasa juga membawa empat bunga mawar dan beberapa bunga lili yang melambangkan kesucian, yang kemudian semakin menguatkan teori ini.

Dengan berbagai spekulasi itu, para penggemar beranggapan jika Mikasa Ackerman belum pernah menikah dan masih mencintai Eren bahkan sampai ajal menjemputnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com