Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Kekuatan Founding Titan Milik Eren Yeager?

Kompas.com - 12/11/2023, 20:57 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Founding Titan atau Titan Pendiri merupakan satu-satunya Titan yang memiliki kekuatan mutlak dalam mengendalikan berbagai Titan Murni lainnya.

Dalam cerita Attack on Titan, pewaris terakhir dari kekuatan ini jatuh kepada “Doomsday Titan” milik Eren Yeager di mana ia mendapatkannya dari ayahnya Grisha Yeager.

Setelah Grisha berhasil mengalahkan Frieda Reiss serta mengambil kekuatan Founding Titan darinya, ia pun langsung memercayakan misi yang ia emban kepada Eren Yeager.

Baca juga: Manga Attack on Titan Tetap Lanjut, Bawa Kisah Masa Kecil Levi Ackerman

Grisha membawa Eren ke hutan dan menyuntiknya dengan serum Titan. Sebagai Titan Murni, Eren kemudian memakan ayahnya dan mewarisi Attack Titan serta Founding Titan.

Mengingat Founding Titan memiliki kemampuan yang paling waskita di antara Titan lainnya, hal tersebut membuat Titan jenis ini mempunyai kekuatan yang dapat difungsikan untuk menghancurkan dunia sekalipun.

Berikut merupakan kekuatan yang dimiliki oleh Doomsday Titan (Founding Titan) milik Eren Yeager yang telah diketahui sejauh ini.

1. Menciptakan Titan

Founding Titan dapat mengubah seorang Subyek Ymir menjadi sebuah Titan, bahkan Titan ini mampu mengubah mereka menjadi Colossal Titan sekalipun.

Kemampuan dalam mengubah subjek menjadi Titan ini juga pernah digunakan oleh Karl Fritz di mana ia menciptakan ribuan Colossal Titan yang ia fungsikan sebagai tembok Pulau Paradis.

2. Mengontrol Titan

Kekuatan Doomsday Titan juga difungsikan untuk mengontrol Titan Murni tanpa perlu mengubah raganya menjadi Titan terlebih dahulu.

Meski sang pemilik kekuatan masih menggunakan raga manusianya, Doomsday Titan mampu mengontrol Titan lainnya hanya dengan berteriak saja.

Baca juga: Attack on Titan The Final Season Part 4 Tayang 4 November 2023

Kejadian ini pernah dilihat sewaktu Eren Yeager tak sengaja berteriak kepada Titan Murni untuk menyerang serta memakan Titan milik Dina Fritz dan Armored Titan.

Selain itu, kemampuan ini juga dapat digunakan guna mengontrol Colossal Titan sekalipun seperti apa yang diperintahkan Karl Fritz terhadap Colossal Titan di mana ia memerintah mereka untuk mengeraskan diri dan menjadi sebuah tembok.

3. Memanipulasi memori

Selain itu, Founding Titan juga memiliki kemampuan dalam memanipulasi ingatan dan pikiran dari suatu Subyek Ymir atau bahkan seluruh populasi manusia sekalipun.

Meski Doomsday Titan Eren tak pernah memakai kekuatan ini, namun kemampuan tersebut pernah dipakai oleh Karl Fritz sewaktu ia menghapus seluruh ingatan manusia di dalam tembok.

Selain Karl Fritz, kekuatan ini juga pernah dipakai oleh Frieda Reiss sewaktu ia menghapus kenangan Historia sewaktu kunjungannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com