Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Kekuatan Ryomen Sukuna di Jujutsu Kaisen?

Kompas.com - 14/11/2023, 17:35 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam cerita Jujutsu Kaisen, Ryomen Sukuna merupakan seorang penyihir terkuat yang berasal dari seribu tahun di masa lampau.

Sukuna diceritakan sebagai “Raja Kutukan”. Ia bahkan dianggap sebagai “Iblis Imajiner” dalam berbagai legenda yang ada.

Setelah kematiannya, Sukuna membagi jiwanya menjadi dua puluh jari yang berupa Objek Terkutuk, membuat jari tersebut tak bisa dihancurkan dan hanya bisa disegel kekuatannya.

Baca juga: Siapa Mahoraga dalam Jujutsu Kaisen?

Lantas, apa saja kekuatan yang dimiliki oleh Ryomen Sukuna sampai-sampai ia bisa mendapatkan gelarnya sebagai Raja Kutukan? Berikut pemaparannya.

Keterampilan menyeluruh

Keterampilan Sukuna dapat dilihat semasa Zaman Keemasan Jujutsu dan Era Heian. Pada waktu itu Sukuna ditakuti dan dikagumi oleh semua orang.

Ia dinobatkan sebagai penyihir terkuat berkat ribuan penyihir Jujutsu yang berhasil dibunuhnya.

Sejauh ini, prestasi terbesar yang Sukuna miliki meliputi pembantaian Bintang Matahari-Bulan dan Lima Jenderal Kosong sendirian hingga membuat mayat mereka tidak dapat dikenali lagi.

Kekuatan fisik

Tak hanya mengandalkan Jujutsu miliknya, Sukuna juga memiliki kekuatan fisik yang dapat mengalahkan para lawannya dengan telak.

Sukuna menjadi petarung tangan kosong yang terampil. Ia memiliki kekuatan fisik yang besar, kecepatan yang luar biasa, hingga refleks yang tajam.

Baca juga: Mengenal Uraume, Penyihir Seribu Tahun di Jujutsu Kaisen

Ia juga memiliki daya tahan dan stamina yang luar biasa, membuatnya mampu melawan Jogo dan bertahan dari Mahoraga dengan begitu lamanya.

Energi Terkutuk yang tak terukur

Energi terkutuk yang dimiliki Sukuna juga sangat besar. Ia mampu melakukan Ekspansi Domain bersamaan dengan Teknik Kutukan Terbalik dengan gampangnya.

Bahkan, Yuta Okkotsu yang memiliki energi terkutuk lebih banyak daripada Satoru Gojo menyatakan jika Sukuna mempunyai energi terkutuk dua kali lipat atau lebih dari dirinya.

Teknik bawaan

Meski Sukuna tak terlalu memperlihatkan teknik bawaanya, namun di sepanjang serial ia seringkali terlihat menggunakan tebasan tak terlihat dalam mengalahkan lawannya.

Beberapa di antaranya seperti Kai dan Hachi di mana Sukuna dapat mengaplikasikan tebasan sangat cepat terhadap para musuh-musuhnya.

Sukuna juga mampu mengendalikan kekuatan berbasis api dengan mengatakan Fuga sebagai kunci utamanya, seperti apa yang terlihat sewaktu ia bertarung dengan Jogo.

Baca juga: Jujutsu Kaisen Season 2 Melempem, Tempati Urutan Ke-5 dalam Best Anime of the Season

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com