Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Genre Film Whodunit? Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 22/11/2023, 17:37 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam sebuah cerita film maupun novel, terdapat berbagai macam genre yang telah diketahui sejauh ini.

Beberapa di antaranya seperti genre Action, Fiction, Romance, Science-Fiction (Sci-Fi), Historical Fiction, hingga Whodunit sekalipun.

Seperti namanya, Whodunit (Who [has] done it) merupakan sebuah genre yang merahasiakan identitas pelaku kriminal hingga akhir cerita dan membuatnya sebagai misteri.

Baca juga: 10 Genre Film yang Wajib Diketahui: Penjelasan dan Contohnya

Genre ini kerap ditemukan dalam cerita buku, drama maupun film, di mana penonton atau pembaca dibuat menerka-nerka terhadap siapa pelaku yang melakukan tindak kriminal di baliknya.

Whodunit sendiri telah eksis di Amerika Serikat sejak tahun 1930-an lalu, dan istilah Whodunit kerap dipakai dalam sebuah cerita detektif hingga misteri sekalipun.

Genre yang dapat diartikan sebagai “Siapa yang melakukannya?” ini seringkali membuat para penonton bingung berkat cerita yang tersaji di dalamnya.

Baca juga: Tatjana Saphira Pilih Beragam Genre Film untuk Kembangkan Bakat Akting

Cerita yang diusung oleh genre ini kerap kali dibuat kompleks, rumit, hingga berbelit-belit agar para pengikutnya dapat berandai-andai dalam memecahkan plot yang terdapat di dalam cerita.

Beberapa penerapan genre ini dapat dilihat melalui film Knives Out (2019), Glass Onion: A Knives Out Mystery (2022), Enola Holmes (2020), serta Sherlock Holmes (2009).

Sedangkan dalam karya tulis seperti novel, genre Whodunit dapat ditemukan dalam buku karya-karya Agatha Christie seperti Murder on the Orient Express (1934), The Murder of Roger Ackroyd (1926), hingga The Mysterious Affair at Styles (1920).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com