Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AKIRA, Anime Ikonik 1990-an yang Layak Ditonton Ulang

Kompas.com - 23/11/2023, 18:51 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - AKIRA (1988) merupakan film anime bergenre Sci-fi yang begitu populer di sepanjang tahun 90-an.

Film ini diangkat berdasarkan manga dengan judul sama karya Katsuhiro Otomo yang dirilis tiga tahun sebelum manga orisinalnya selesai pada 1990.

Manga AKIRA juga pernah meledak popularitasnya di Tanah Air pada tahun 1990-an, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun itu.

Baca juga: Akira Toriyama Beri Kode Ada Karakter Tak Terduga di Film Dragon Ball Super 2

Konsep awal film ini muncul pada 1983 sesaat Otomo tertarik untuk membuat karyanya sendiri di layar lebar, sedangkan proses produksi filmnya berhasil rampung pada 1987.

AKIRA sendiri menjadi satu-satunya film anime dengan anggaran dana terbesar pada saat itu meski plot yang dibawakan hanya mencakup paruh pertama manganya.

Biaya produksi anime ini mencapai $10 juta dolar AS (¥1,1 miliar), menjadikan AKIRA sebagai film animasi Jepang termahal sebelum Spirited Away (2001) oleh Studio Ghibli.

Baca juga: Sheila Marcia Menikah dengan DJ Dimas Akira di Bali

Anime yang ber-setting pada tahun 2019 ini mengikuti kisah Shotaro Kaneda, seorang pentolan geng motor di Kota Neo-Tokyo pasca Perang Dunia ke-3 meletus di tahun 1988.

Para penonton akan mengikuti Kaneda dalam melawan aktivis anti-pemerintah, politisi serakah, ilmuwan yang tidak bertanggung jawab, hingga pemimpin militer sekalipun.

Berkat sengketanya itu, Kaneda harus bertarung di Olimpiade Tokyo sembari mengungkap sebuah eksperimen rahasia yang dapat mengancam nyawanya di kemudian hari.

Karena plot cerita yang menarik, anime film ini kerap dianggap sebagai faktor kunci dalam memelopori dan mempopulerkan anime di luar Jepang pada waktu itu.

Baca juga: Sheila Marcia Dilamar Dimas Akira Saat Malam Natal: Best Christmas Present

AKIRA menjadi sebuah film kultus yang sangat populer di dunia, melahirkan berbagai kelompok penggemar anime modern di luar Jepang pada awal tahun 90-an.

Tak hanya itu, industri raksasa Hollywood juga ikut terinspirasi oleh film ini, membuat digarapnya berbagai waralaba baru seperti The Matrix, prekuel Star Wars, hingga Stranger Things.

Bahkan, musisi Kanye West juga mengakui jika ia merupakan penggemar film AKIRA, membuatnya sering mereferensikan film anime itu dalam video musiknya yang bertajuk "Stronger".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com