Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa yang Membunuh Yu Haibara di Jujutsu Kaisen?

Kompas.com - 24/11/2023, 18:11 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Yu Haibara merupakan seorang penyihir Jujutsu yang menjadi rekan sekelas Kento Nanami.

Dalam animenya, Haibara pertama kali muncul dalam episode 3 Ark Masa Lalu Gojo di mana ia terlihat bersama dengan Nanami saat tengah membantu Satoru Gojo dan Suguru Geto dalam misi Plasma Bintang.

Setelah misi itu, Yu Haibara tidak mendapatkan pengenalan karakter yang cukup hingga kematiannya tiba.

Baca juga: Apa Saja Kekuatan Ryomen Sukuna di Jujutsu Kaisen?

Kematian Yu disebabkan oleh kesalahan fatal pemeringkatan Roh Terkutuk yang ia ambil dalam sebuah misi bersama Kento Nanami, setahun kemudian setelah misi Plasma Bintang.

Sebagai dua penyihir muda yang berbakat, Haibara dan Nanami dikirim untuk menghadapi roh terkutuk kelas dua yang kabarnya telah menyebabkan banyak kerusakan di area kuil.

Sesaat mereka tiba di sana, energi terkutuk yang sangat besar muncul dari dalam area kuil, berasal dari Roh terkutuk bernama Dewa Kelahiran.

Baca juga: Siapa Mahoraga dalam Jujutsu Kaisen?

Karena Haibara dan Nanami terlalu percaya diri dalam menjalankan misi, persiapan mereka terlalu kurang saat melawan Dewa Kelahiran itu.

Keduanya pun kalah, meninggalkan Nanami yang berhasil melarikan seorang diri dan Haibara yang kehilangan nyawanya karena berusaha menyelesaikan misi dengan berani saat melawan Dewa Kelahiran.

Jasad Haibara kemudian dibawa menuju SMA Jujutsu, dan dari sinilah awal mula Geto Suguru memiliki kebencian yang mendalam terhadap dunia penyihir.

Baca juga: Jujutsu Kaisen: Cursed Clash Hadir Februari 2024

Kematian Haibara membuatnya terobsesi dengan ketidakadilan yang dipikul para penyihir dalam mempertaruhkan nyawa mereka untuk melindungi orang-orang biasa.

Seiring berjalannya waktu, insiden Haibara itu berhasil mengubah Geto Suguru menjadi tokoh antagonis utama dalam cerita Jujutsu Kaisen seperti apa yang diketahui oleh para pengikutnya hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com