Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donnie Darko, Film yang Jadi Kebanggaan Jake Gyllenhaal

Kompas.com - 29/11/2023, 17:15 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktor Jake Gyllenhaal menyatakan Donnie Darko (2001) merupakan salah satu film yang paling ia banggakan.

Hal tersebut ia sampaikan dalam wawancaranya bersama Entertainment Weekly. Ia juga menceritakan perjalanan audisinya semasa muda.

“Saat mengikuti audisi di usia muda, saya berpikir, 'Film-film ini tentang apa?' Sepertinya pengalaman SMA saya tidak seperti ini sama sekali,” ucap Jake Gyllenhaal dalam wawancara tersebut.

Baca juga: Jake Gyllenhaal Akhirnya Main Film Animasi Disney, Mimpi Jadi Kenyataan

“Kemudian Donnie Darko muncul, dan saya seperti, 'Oh ini terasa seperti masa SMA saya’ sehingga memberi Anda wawasan tentang siapa saya dan bagaimana saya memilih peran," sambungnya.

Jake mengatakan dia masih sangat muda saat bermain dalam film October Sky (1999), 2 tahun sebelum keikutsertaannya di proyek Donnie Darko.

Akan tetapi, ia menyatakan jika terdapat sebuah sisi yang berbeda darinya sesaat Jake mulai mengambil proyek film Darko.

Baca juga: Sinopsis Ambulance, Film Baru Jake Gyllenhaal

“Saya masih sangat muda ketika membuat October Sky, kemudian juga Donnie Darko. Jadi itu adalah sisi berbeda dari diri saya," ungkap pemeran Mysterio tersebut.

“Jadi ya, menurut saya Donnie Darko, bagi saya, adalah salah satu film favorit yang pernah saya buat dan yang paling saya banggakan.” lanjutnya.

Jake juga memaparkan jika film Donnie Darko membantunya memandang dunia secara luas.

Ia dapat mengetahui jika terdapat begitu banyak hal di dunia ini, tak terkecuali kepercayaannya terhadap harapan dan pikiran manusia yang rumit.

Baca juga: Sinopsis The Guilty, Film Terbaru Netflix, Dibintangi Jake Gyllenhaal

“Saya percaya pada harapan, saya percaya bahwa pikiran manusia sangat rumit. Film tersebut mendefinisikan, bukan cara saya memandang dunia secara harfiah, namun ada banyak hal di dalamnya yang saya yakini tentang dunia” pungkasnya.

Sebagai informasi, Donnie Darko merupakan salah satu film bergenre misteri yang pernah dimainkan oleh aktor Jake Gyllenhaal selain Zodiac (2007), Nocturnal Animals (2016), hingga Prisoners (2013).

Film ini menceritakan kisah Donnie, seorang remaja yang terus diganggu oleh penampakan pria berkostum kelinci besar yang memanipulasi dirinya untuk melakukan kejahatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com