Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPI Tetapkan 10 Tayangan TV Bermasalah

Kompas.com - 09/05/2008, 14:31 WIB

JAKARTA, JUMAT - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menetapkan 10 tayangan televisi (TV) yang dinilai bermasalah.

Berdasarkan evaluasi tim panelis yang diketuai oleh Arief Rahman, kesepuluh tayangan itu adalah Cinta Bunga (SCTV), Dangdut Mania Dadakan 2 (TPI), Extravaganza (Trans TV), Jelita (RCTI), Mask Rider Blade (ANTV), Mister Bego (ANTV), Namaku Mentari (RCTI), Rubiah (TPI), Si Entong (TPI), dan Super Seleb Show (Indosiar).

KPI meminta masyarakat untuk bijaksana dalam menyaksikan tayangan-tayangan tersebut karena kental sekali mengandung  unsur-unsur kekerasan, baik fisik, sosial, maupun psikologis, dalam bentuk tindakan verbal nonverbal. Dalam tayangan-tayangan itu termuat pula pelecehan terhadap kelompok masyarakat maupun individu serta penganiayaan terhadap anak. Tayangan-tayangan tersebut juga tidak sesuai dengan norma-norma kesopanan dan kesusilaan.

Tim panelis melakukan evaluasi terhadap 198 tayangan (episode) dari 75 judul di sembilan stasiun TV, yaitu Indosiar, SCTV, TPI, RCTI, Global TV, ANTV, TVRI, Trans TV, dan Trans 7, dalam periode 1-13 April 2008. KPI juga berjanji akan terus memantau secara periodik dan memberi sanksi apabila stasiun-stasiun TV bersangkutan tidak melakukan perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com