Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Alicia Keys, Brand Rokok Dihapus

Kompas.com - 30/07/2008, 17:44 WIB

JAKARTA, RABU - Sponsor konser Alicia Keys, penyanyi R&B dari AS, di Jakarta, 31 Juli malam mendatang, menjamin bahwa konser tersebut akan tetap digelar. Kepastian itu dijamin oleh mereka sehubungan dengan kecaman yang datang kepada perusahaan rokok Philip Morris International dan Keys dari organisasi anti-rokok di kalangan anak, Campaign for Tobacco-Free Kids.

Kepada Kompas.com, melalui e-mail, Yos A Ginting, Director Corporate Affairs PT HM Sampoerna Tbk, perusahaan rokok yang melalui salah satu brand produknya, A Mild, menjadi sponsor konser Alicia Keys As I Am World Tour 2008 di Jakarta Convention Center, 31 Juli mendatang, menyatakan bahwa perusahaan rokok itu telah memutuskan untuk tidak menggunakan lagi brand produknya tersebut dalam melakukan promosi konser itu. Artinya, dalam semua bentuk promosi konser tersebut, brand produk itu tak dicantumkan atau disebutkan lagi.  

Langkah tersebut, lanjut Yos, diambil oleh PT HM Sampoerna Tbk berdasarkan permintaan dari Campaign for Tobacco-Free Kids, yang berpusat di Washington DC, AS, kepada Philip Morris International dan Keys. Philip Morris International merupakan pemilik sebagian besar saham PT HM Sampoerna Tbk.

Asal tahu saja, Campaign for Tobacco-Free Kids telah mengecam Philip Morris International dan Keys. Menurut mereka, Philip Morris International menjadi sponsor konser itu untuk memasarkan produknya, dalam hal ini A Mild, ke kalangan anak di Indonesia, dan Keys ambil bagian dalam melakukan promosi rokok tersebut ke kalangan itu. 

Namun, lanjut Yos, demi konser tersebut tetap berlangsung, PT HM Sampoerna Tbk tetap menjalankan kesepakatan mereka dengan promotor konser tersebut, Rinny Noor dari RNP. Yos menekankan pula, dalam menjalankan usaha, PT HM Sampoerna Tbk berkomitmen untuk selalu mengikuti segala perundang-undangan dan peraturan yang berlaku di Indonesia, termasuk PP 19 Tahun 2003, yang mengatur Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan. Perusahaan rokok tersebut, sambung Yos, juga berkomitmen untuk senantiasa menargetkan semua kegiatan pemasaran dan event-nya kepada para perokok dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com