Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joy Tobing Nikmati "Off-air" Dalam dan Luar Negeri

Kompas.com - 25/01/2010, 11:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain menyanyi untuk acara pernikahan, kegiatan kerohanian di gereja, dan acara off-air lainnya di dalam negeri, Indonesian Idol pertama, Joy Tobing, juga bertarik suara di luar negeri untuk menghibur orang-orang Indonesia di sana.

"Kalau terima tawaran, satu tahun dua kali, karena aku tidak selalu mengiyakan show di luar (negeri) tanpa lihat benefit-nya. Kebanyakan acara itu untuk orang Indonesia yang ada di luar," kisah Joy di Jakarta, yang mengaku sering menyanyi di AS.

Kerap menyanyi di negeri orang, Joy merasakan perbedaan dengan bertarik suara di Tanah Air. "Aku belajar kehidupan orang Indonesia yang ada di sana. Kalau di luar seperti ini ya, ternyata kerja orang Indonesia seperti ini, ternyata orang Indonesia susah juga ya tinggal di Amerika," ceritanya.

Setelah ke AS, pemilik tubuh mungil ini berkeinginan untuk merambah Inggris. "Ada keinginan sih bisa nyanyi di Inggris, karena barometer musik selain Amerika itu di sana. Kiblat musik tuh memang Amerika. Tapi Eropa, khususnya Inggris, enggak gampang dimasuki," katanya.

Hingga kini, aku Joy, ia belum merampungkan album solonya. Karena belum memiliki album baru dan klip video, ia belum bisa rutin "beredar" di layar kaca. "Tapi, buatku, yang penting jalani pekerjaan ini dengan ikhlas dan bersyukur," ucapnya.

Aku Joy pula, ada kendala dalam pembuatan albumnya itu. "Untuk album pop aku kesulitan cari lagu-lagu yang bagus, karena penyanyi harus hati-hati, harus intelek, harus pilih kata-kata yang membangun—sekalipun punya masalah, kita bisa bangkit lagi," ujarnya. (C9-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com