Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radiohead Bantu Haiti dengan Konser Kecil

Kompas.com - 26/01/2010, 11:52 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Radiohead berhasil mengumpulkan lebih dari 500.000 dollar AS untuk membantu Haiti dengan mengadakan sebuah konser akhir minggu yang termasuk kecil untuk mereka. Para selebriti dan penggemar berat grup tersebut datang dari berbagai wilayah di AS untuk menonton konser itu.

Band itu tampil lebih dari dua jam pada Minggu (24/1/2010) lalu waktu setempat di The Music Box Theatre, Henry Fonda Theatre, Los Angeles (California, AS). Para selebriti yang menonton, antara lain,  Justin Timberlake, Jessica Biel, Charlize Theron, Anna Paquin, dan Daniel Craig.

Para penonton konser tersebut memperoleh tiket konser itu dari penawaran harga yang mereka ajukan dalam lelang lewat internet. Harga tertinggi mencapai 4.000 dollar AS untuk dua tiket, sedangkan penawaran terendah 475 dollar AS untuk dua tiket.

Tentang harga tiket tersebut, vokalis Radiohead, Thom Yorke, bercanda di hadapan para penonton, "Apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan selembar tiket? Meminta uang kepada ayah Anda? Atau mengancam bos Anda?"

Dalam konser itu, Radiohead menyajikan 24 lagu, termasuk lagu baru "Lotus Flowers", yang dibawakan sendirian oleh Yorke sembari bergitar. Timberlake menikmati konser tersebut dari area penonton umum. Ia ikut menyanyi lagu-lagu populer grup tersebut, seperti "Fake Plastic Trees", "Paranoid Android", "Lucky", dan "The Bends". "Saya menyukai mereka dengan alasan yang sama seperti alasan setiap orang lain yang juga menyukai Radiohead," tutur Timberlake kepada AP. "Saya mendengarkan lagu-lagu mereka sejak saya berusia 13 tahun," sambungnya.

Tengah menggarap album baru mereka, Radiohead berhenti sementara dari kegiatan mereka di studio demi mengadakan konser penggalangan dana itu di teater yang menyediakan 1.300 tempat duduk tersebut dan merupakan tempat pertunjukan yang relatif kecil bagi mereka.

Dana untuk membantu Haiti juga digalang dari penjualan poster edisi terbatas, yang harganya 25 dollar AS per lembar. Selain itu, para relawan Oxfam International, LSM yang mengelola dana tersebut untuk Haiti, menyediakan wadah-wadah hijau untuk menampung uang tunai yang disumbang oleh mereka yang datang. (AP/ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com