Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyaksikan Jago-jago Cosplay Asia Berkompetisi

Kompas.com - 13/02/2010, 08:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ini dia acara terbaru Animax Asia, Cosplay Heroes Unmasked. Menyajikan acara live-action yang akan mengintip apa yang terjadi di balik panggung kompetisi cosplay Anime Festival Asia’s (AFA). Para cosplayer asal Indonesia juga akan ambil bagian  di ajang kompetisi cosplay regional pertama ini.

Cosplay merupakan gabungan kata costume (kostum) dan play (bermain). Cosplay juga berarti kegemaran atau hobi dengan mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti halnya yang dikenakan  para tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola hingga kartun Nickelodeon.

Nah, dia acara Cosplay Heroes Unmasked, para cosplayer bisa menyaksikan seperti apa persiapan seru para cosplayer internasional dan begitu gandrungnya mereka memerankan secara nyata tokoh-tokoh yang ada pada berbagai anime, manga dan video game, yang juga kian digandrungi oleh cosplayer Indonesia.

Cosplay Heroes Unmasked, akan disiarkan perdana pada malam Valentine dan Tahun Baru Cina, Sabtu (13/2/2010) pada pukul 21.00 WIB, secara ekslusif di Animax.  

Di acara ini, bagiamana kreativitas dan ide-ide nyeleneh dirayakan. Sebuah fenomena dunia cosplay yang tak tertandingi! Dari desain kostum, tata rias, modulasi suara dan akting yang membuat penokohan karakter makin nyata dalam cosplay.  Ini yang menjadikannya menjadi sebuah  seni tersendiri yang membuat gairah kreativitas.

Dalam program tersebut akan hadir Kaname, cosplayer asal Jepang yang terkenal di tingkat internasional. Ia didaulat menjadi narator utama acara Cosplay Heroes Unmasked. Kaname berperan sebagai cosplayer dan juga juri pada kontes cosplay AFA.

Kaname juga akan mengulas apa-apa saja yang akan menjadi penilaian penjurian cosplayer dan juga membagi pengetahuan kepada para cosplayer pemula bagaimana mewujudkan penokohan dengan kuat.

Dikenal mendunia karena pengkarakteran yang begitu menjiwai terhadap tokoh-tokoh anime seperti Kurosaki Ichigo dari Bleach; Sanji dari One Piece; Saotome Alto dari Macross Frontier dan masih banyak lagi.

Kaname juga akan membagi pengalaman pada Cosplay Heroes Unmasked termasuk demonstrasi langkah demi langkah transformasinya mewujudkan penokohan pemeran utama dalam film anime Final Fantasy VII: AdventChildren, Cloud Strife!

Dalam acara special berdurasi 30 menit ini, para penonton dapat melihat berbagai aksi di atas panggung dan liputan belakang layar dari kompetisi cosplay regional AFA.

Wawancara dengan para cosplayer dan spotlight pada kostum yang beragam juga penampilan yang memukau dari para kontestan dari Singapura, Indonesia, Singapura, Thailan, Filipina dan Malaysia, termasuk grup pemenang kompetisi ‘OO Emotions’ dari Singapura, Clive Lee, yang merupakan penggemar berat cosplay dan berhasil menampilkan Mobile Suit Gundam yang sangat mempesona. (EH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com