Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zhang Ziyi Ingkari Janji

Kompas.com - 15/02/2010, 07:06 WIB
KOMPAS.com — Aktris China, Zhang Ziyi (31), sering mendapatkan kritik dari komunitas online di negaranya. Publik negeri komunis itu di dunia online memang rajin mengungkap ketidaksukaan mereka terhadap perilaku para aktris yang tak cinta tanah air.

Setelah mengkritik Ziyi karena berpacaran dengan miliarder Israel, Vivi Nevo, mereka juga mengkritik perannya sebagai gadis Jepang dalam film Memoirs of a Geisha. Ziyi kini menghadapi kritik soal donasi korban gempa yang besarannya tak sesuai dengan yang dijanjikan.

Ziyi pernah menjanjikan donasi 1 juta yuan untuk korban gempa bumi di Sichuan tahun 2008. Dana itu dihimpun dari berbagai kegiatan yayasan miliknya. Namun, Palang Merah China hanya mencatat sumbangan 840.000 yuan.

Kekurangan sekitar 160.000 yuan itulah yang membuat bintang film Crouching Tiger, Hidden Dragon ini dipermalukan. Perwakilan Ziyi langsung mengakui kekurangan tersebut dan menyatakan ada kesalahan di pihak manajemen.

Dikatakan, setelah Ziyi mengetahui ada kekurangan itu, ia langsung menutupinya. Kini utang itu sudah dibayar lunas. "Kasus ini adalah kesalahan manajemen. Saya menyesal dan meminta maaf,” begitu laporan manajemen Ziyi.

Selain Ziyi, aktris top China lainnya, Gong Li, pernah mendapatkan kritik karena pindah kewarganegaraan ke Singapura. (AFP/AMR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com