Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cut Mini Raik Aktris Terbaik di Brussel

Kompas.com - 20/02/2010, 01:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS. com - Cut Mini Theo sedang sumringah. Senyumnya terus mengembang, sehingga membuat wajah aktris film, aktris sinetron, dan presenter berusia 36 tahun itu lebih manis.

Terang saja Mini --panggilan Cut Mini Theo-- senyum-senyum terus. Dia baru mendapatkan predikat Aktris Terbaik Festival Film Independen Internasional di Brussel, Belgia, tahun 2009 lewat aktingnya sebagai Bu Muslimah di film Laskar Pelangi.

"Peran sebagai Bu Muslimah itu sangat baik untuk saya. Saya tidak pernah membayangkan akan mendapatkan penghargaan tersebut," kata Mini saat menggelar acara syukuran sederhana di Just Steak Resto, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (19/2) malam. Hadir dalam syukuran itu keluarga besar Mini.

Penghargaan yang diraih Mini tersebut sebenarnya telah diberikan akhir tahun 2009 lalu. "Saya tidak bisa mengatakan apapun, selain ucapan terima kasih," ujar Mini dengan mata berkaca-kaca.

Salah satu orang yang dianggap berjasa dalam memoles akting bintang Arisan! ini adalah Slamet Rahardjo. Aktor senior ini yang menjadi mentor akting Mini, sehingga dia berhasil menghidupkan sosok Bu Muslimah, pahlawan tanpa tanda jasa yang berjuang di sebuah SD di pedalaman Bangka-Belitung tahun 1980-an .

Film Laskar Pelangi sangat sukses. dan diklaim berhasil menyedot penonton tak kurang dari 4,6 juta orang di Tanah Air.

Lewat penghargaan itu Mini seolah ingin "membayar" kepercayaan yang telah diberikan sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana kepadanya. "Penghargaan ini bukan hanya bentuk apresiasi pribadi saya, tetapi juga kerja keras semua yang terlibat dalam film ini," ujar perempuan berdarah Aceh ini.

Mira yang turut hadir dalam acara syukuran semalam menjelaskan, film-film yang diproduksi oleh Mira Lesmana (Miles) Pictures memang sering diputar di beberapa festival film internasional, dan Brussel International Independent Film Festival 2009 ini menjadi salah satu ajang yang selalu mengapresiasi karya Miles.

Penghargaan sebagai Sutradara Terbaik juga pernah diterima Riri Riza di festival film yang sama di tahun 2008 lalu. Saat itu Riri meraihnya lewat film Tiga Hari Untuk Selamanya. Penghargaan yang diterima Mini itu menambahkan koleksi penghargaan film Laskar Pelangi.

Sepanjang tahun 2009, Laskar Pelangi meraih beragam penghargaan dari sejumlah festival di manca negara, seperti Festival Film Anak dan Remaja Internasional ke-23 di Iran, Festival Film Internasional Festroia di Portugal, Festival Film Asia Pasific, hingga Festival Film Bandung.

Atas prestasinya itu penyanyi Andre Hehanusa pun menghadiahi Mini dengan lantunan lagu Kuta Bali yang pernah menjadi hits di awal tahun 1990-an itu. Andre tak lain adalah kakak ipar Mini yang saat itu menjadi model video klip Kuta Bali. Semua bertepuk-tangan untuk Mini. (Kin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com