Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katalog Nirvana Ditawarkan 162 Juta Dollar AS

Kompas.com - 26/05/2010, 11:28 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Courtney Love telah menawarkan hak terbesarnya atas penerbitan lagu-lagu Nirvana, band mendiang suaminya, Kurt Cobain, dengan harga 162 juta dollar AS.

Vokalis grup The Hole ini mewarisi hak penerbitan untuk lagu-lagu Nirvana sejak Cobain tewas bunuh diri pada 1994.

Love telah menjual 25 persen hak penerbitan atas lagu-lagu Nirvana dalam katalog End of Music pada 2006 dan sudah mengantongi 50 juta dollar AS. Namun, baru-baru ini ia mengaku mempertimbangkan untuk melepas 75 persen lagi sisa hak penerbitannya. Ia melakukan hal ini setelah sadar bahwa pembayaran royalti yang ia terima merupakan "kutukan".

Ia menegaskan, keputusan tersebut didorong oleh perasaan, bukan uang, karena ia ingin sekali melupakan tragedi Cobain itu. "Saya berpikir tentang menjual semua hak penerbitan Kurt. Semua hak itu, segalanya. Itu bukan keputusan yang ada hubungannya dengan masalah keuangan, itu keputusan berdasarkan perasaan," ucapnya. "Ia (Cobain) teman terbaik yang pernah saya miliki. Tapi, Kurt dan saya hanya menikah selama tiga tahun dan sekarang saya butuh memiliki hidup saya sendiri. Saya selalu disebut janda dan itu membuat saya gila," sambungnya. "Uang itu telah terkutuk sejak hari pertama dihasilkan. Itu bukan betul-betul uang saya," imbuhnya.

Para bos di Evergreen Capital bermaksud melepaskan Love dari kekhawatirannya dan telah menawarkan kepadanya uang dalam jumlah besar. Hal itu ditulis New York DailyNews. "Courtney berpikir, katalog itu menimbulkan terlalu banyak kenangan. Itu menghantuinya," ujar seorang sumber. Namun, Love belum menanggapi tawaran tersebut. (femalefirst.co.uk/ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com