Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brad Pitt Anggota Pemenangan AS untuk PD 2018

Kompas.com - 03/06/2010, 15:15 WIB

HOLLYWOOD, KOMPAS.com — Aktor Hollywood Brad Pitt bergabung dengan komite pencalonan Amerika Serikat (AS) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia (PD) 2018 dan 2022.

"Sepak bola adalah olahraga global yang sebenarnya dan kesempatan untuk bergabung dalam usaha menjadikan AS sebagai tuan rumah peristiwa olahraga terbesar di dunia lagi merupakan suatu kehormatan," kata Pitt dalam situs www.gousbid.com, situs resmi pencalonan AS di PD.

AS menggalang dukungan publik melalui situs itu. Sebagai bentuk dukungannya, publik AS cukup memasukkan nama mereka dalam situs tersebut. Sampai hari Kamis (3/6/2010) telah terkumpul sebanyak 443.830 orang yang mendukung pencalonan AS sebagai tuan rumah PD 2018.

AS pernah sukses menjadi tuan rumah PD tahun 1994, meski sepak bola bukan olahraga yang populer di mata masyarakat AS. Mereka lebih menyukai sepak bola Amerika (American football), basket, dan baseball. Mereka juga menyebut sepak bola dengan sebutan soccer, bukan football.

Keteribatannya di tim komite disambut hangat Pitt. Diakuinya, penunjukan itu membuatnya bangga.

"FIFA sudah menetapkan standar dunia untuk menggunakan olahraga sebagai alat positif untuk perubahan sosial dan saya bangga terkait dengan pencalonan Piala Dunia Amerika Serikat yang begitu melekat dengan prinsip yang ditetapkan oleh FIFA," kata kekasih aktris Angelina Jolie itu.

Selain Pitt, mantan Presiden Bill Clinton juga telah ditunjuk sebagai ketua kehormatan pencalonan AS. Sementara itu, tokoh Hollywood lain yang turut bergabung dalam komite adalah sutradara Spike Lee dan komedian Drew Carey.

Untuk menjadi tuan rumah PD 2018 dan 2022, AS harus bersaing dengan Australia, Belanda dan Belgia, Inggris, Portugal dan Spanyol, dan Rusia. Jepang, Qatar, dan Korea Selatan juga mengajukan diri sebagai calon tuan rumah PD untuk tahun 2022 saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com