Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Konser untuk The Beatles di Hamburg

Kompas.com - 18/08/2010, 15:58 WIB

BERLIN, KOMPAS.com -- Untuk para warga Indonesia, 17 Agustus 2010 merupakan hari ulang tahun ke-65 republik ini. Bagi para penggemar The Beatles di Hamburg, Jerman, waktu ini merupakan 50 tahun peringatan penampilan pertama band tersebut di klab Indra di kota itu. Perayaan untuk mengenang pertunjukan tersebut pun diadakan di klab itu mulai Selasa (17/8/2010).

Ketika tampil perdana di klab Indra, 17 Agustus 1960, The Beatles masih terdiri dari lima pemuda Liverpool John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Stuart Sutcliffe, dan Pete Best.

Untuk merayakan peristiwa bersejarah dalam perjalanan The Beatles tersebut, dari Selasa hingga Jumat minggu ini (20/8/2010) waktu setempat, oleh Hamburg Marketing digelar empat konser yang memanggungkan grup Bambi Kino. Band itu dibentuk oleh empat pemusik AS pada 2009. Nama Bambi Kino diambil dari nama gedung bioskop di mana The Beatles pernah menginap.

Bambi Kino terdiri dari Ira Elliot dari (grup-grup) Nada Surf dan Maplewood, Erik Paparazzi dari Cat Power, Mark Rozzo dari Maplewood, dan Doug Gillard dari Guided by Voices. Mereka akan menyuguhkan lagu-lagu pertama The Beatles.

Pengalaman-pengalaman The Beatles di Hamburg dihargai sebagai penciptaan dasar-dasar bagi band tersebut yang membuat mereka kemudian mendunia. Di kota pelabuhan itu pula grup tersebut untuk pertama kali main bareng drummer mereka kemudian, Ringo Starr.

Sebuah museum yang dipersembahkan untuk The Beatles, yang diberi nama Beatlemania, dibuka pada Mei 2009 di Hamburg. Letaknya di wilayah Reeperbahn, di mana klab Indra juga berada. (AFP/ATI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com