Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kikan: Karena Alanis Morissette dan The Cranberries

Kompas.com - 10/10/2010, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Mantan vokalis band Cokelat, Kikan (34), yang manggung di hari kedua Java Rockin' Land 2010, sengaja menyuguhkan lagu-lagu milik vokalis solo Alanis Morissette dan grup asal Irlandia, The Canberries.

"Kalau tahun lalu kan 'Tribute to Immortal Legend', kalau tahun ini temanya 'Tribute to Alanis dan Cranberries," jelas Kikan ditemui di hajatan Java Rockin' Land 2010 di Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/10/2010) malam.

Pemilik nama lengkap Namara Surtikanti ini mengaku punya alasan khusus untuk menyanyikan lagu-lagu mereka. "Sebenarnya banyak lagu musisi yang mau saya pilih, cuma Alanis sama Cranberries itu meng-influence saya dalam bermusik dari albumnya, cara bermusiknya, cara nulis lagunya, semua lengkap," ungkap Kikan.

Tanpa pengaruh kedua pemusik itu, Kikan tak menampik bahwa ia tidak akan menjadi seorang pemusik seperti sekarang ini. "Tanpa saya kenal dua orang itu, saya tidak mungkin ngeband dan jadi musisi," ucapnya.

Dengan menyukai Alanis dan Cranberries, sedikitnya Kikan merasa termotivasi untuk mencipta lagu. "Sangat kuat, tapi influence di sini berupa motivator. Tapi, sewaktu saya bikin musik, entah sewaktu bersama Cokelat atau saat saya sendiri, enggak bisa saya ambil mentah-mentah. Mereka hanya motivator saya," tuturnya.

Namun, Kikan menolak jika karya bermusiknya disamakan dengan Alanis dan Cranberries. "Sewaktu album pertama saya bersama Cokelat ada yang bilang ini Cranberries banget atau ada yang bilang Alanis banget. Sebenarnya, saya tidak nyaman banget. Mereka berdua memang role model, tapi saya tidak mencoba menjadi seperti mereka," tegasnya.

Bicara soal rencana kariernya sebagai vokalis solo, Kikan mengatakan, "Enggak ke mana-mana, masih begini-begini saja, masih ngamen di sana-sini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com