Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Zhang Yimou "Pinang" Christian Bale

Kompas.com - 25/12/2010, 10:25 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Sutradara terkenal China, Zhang Yimou, telah memilih bintang film Batman, Christian Bale, untuk terlibat dalam proyek film terbarunya tentang peristiwa pembantaian di Nanjing oleh pasukan Jepang.

Kepastian melibatkan Bale ini disampaikan langsung oleh sutradara film laris, Hero, tersebut saat konferensi pers di ibu kota China, Rabu pekan ini. "Saya terkesan dengan fleksibilitas Bale dan profesionalisme," kata Zhang dikutip China Daily.

"Saya percaya dengan kinerjanya. Film ini akan menjangkau publik dunia dan akan memberikan pelajaran lebih banyak tentang apa yang pernah terjadi di China."

Pada tahun 1937-an, Nanjing jatuh ke tangan tentara Jepang. Pemerintah China menyebutkan bahwa 300.000 orang tewas dalam sebuah "pesta" pembunuhan, perkosaan, dan penghancuran. Kejadian itu telah menghantui hubungan Sino-Jepang (China-Jepang). Hingga kini, jumlah orang yang dinyatakan mati masih simpang siur dan masih terus menjadi perdebatan di kalangan sejarawan.   

Sementara itu, sebelum namanya berkilau di panggung Hollywood dengan membintangi sejumlah film termasuk The Dark Knight dan Batman Begins, aktor kelahiran Welsh pada 36 tahun silam itu kali pertama memperoleh perhatian internasional pada usia 13 tahun. Ia tampil gemilang untuk perannya dalam film epik Perang Dunia II, Empire of the Sun, karya sutradara andal Steven Spielberg.  

Dalam film Zhang yang diberi judul sementara Nanjing Heroes, Bale akan memainkan peran seorang pemimpin keagamaan asal Amerika yang mencoba menyembunyikan 13 pelacur dan pelajar perempuan di sebuah gereja Nanjing, saat tentara Jepang menjarah kota.

Film yang pengambilan gambarnya akan dilakukan di Shanghai itu diangkat  berdasarkan novel karya Yan Geling. Kisahnya difokuskan pada kehidupan John Magee, seorang misionaris Kristen yang membantu menyelamatkan ribuan tentara China dan warga sipil, serta mencatat beberapa kekejaman itu.

Produser Zhang Weiping menolak memberikan bocoran mengenai berapa bayaran yang dikeluarkan pihaknya untuk tidak melibatkan Bale dalam film tersebut. Hanya, ia mengklaim telah memiliki anggaran produksi  sebesar 90 juta dollar AS.

Zhang juga merahasiakan nama aktris yang akan menemani akting Bale. "Yang jelas dia (aktris) fasih berbahasa Inggris dan akan muncul dengan Bale di beberapa adegan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com