Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Jadi Peluang tapi Juga Bumerang

Kompas.com - 19/02/2011, 13:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ditariknya film impor Amerika mulai Jumat (18/2/2011) kemarin, bak pedang bermata dua, bisa menguntungkan dan jadi bumerang bagi industri film nasional dalam memanfaatkan ruang kosong tersebut.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat, I Gede Pasek Suardika menilai bahwa ruang kosong ini harus benar-benar dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan tetap menjaga kualitas.

"Untuk film nasional, secara prospek tentu ruang kosong itu akan berpeluang diisi film nasional. Sehingga potensinya akan meningkat," ujarnya, di Jakarta, Sabtu (19/2/2011).

Namun, ditegaskan dia, potensi tersebut malah bisa terbalik bagi industri film layar lebar nasional apabila hanya sekedar melihat peluang kosong dengan mengejar target sebanyak-banyaknya tanpa mempertimbangkan kualitas. Jika begitu, potensi ini akan tidak berbuah apa-apa.

"Itu semua bisa akan jadi bumerang juga kalau produksi film ditingkatkan demi mengejar pasar tanpa menjaga kualitas. Ini peluang sekaligus tantangan bagi insan film di Indonesia mencermati dampak dari kebijakan tersebut," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com