Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Phil Collins: "Good Bye" Panggung Musik...

Kompas.com - 08/03/2011, 13:32 WIB

KOMPAS.com Penyanyi solo legendaris Phil Collins memutuskan segera pensiun dari dunia musik yang membesarkan namanya. Dalam wawancaranya dengan FHM Magazines seperti dilansir CNN 7 Maret 2011, pria yang telah berkiprah dalam dunia tarik suara selama lebih dari 40 tahun ini mengatakan, masalah pendengaran dan disfungsi urat di beberapa titik sekitar tangannya membuat dia sulit untuk melanjutkan karier.

Pelantun lagu "You’ll be in My Heart" ini merasa sudah berada di luar industri musik saat ini. "Saya melihat perhelatan MTV Music Awards dan saya berpikir bahwa saya tidak lagi bisa bergelut dengan bisnis semacam ini." katanya.

Collins khawatir kerusakan urat dan beberapa otot di tangan membuat dia nyaris tidak bisa bermain drum, alat musik favoritnya. Dokter memberikan keterangan bahwa proses pemulihan akan memakan waktu setidaknya satu tahun.

Namun, lebih dari itu, ia khawatir tidak bisa lagi menjadi ayah yang baik bagi kedua anaknya, Nicholas dan Matthew. Khusus tentang drum, ia mengaku sudah tidak mampu memainkannya lagi.

"Saya tidak khawatir tidak bisa memainkan drum lagi. Saya lebih khawatir tidak bisa lagi memotong roti dengan baik dan bermain bersama anak-anak saya." ujar Phil Collins.

Phil Collins memulai karier musiknya sebagai drumer grup musik Flaming Youth dan selanjutnya bersama Genesis sebagai vokalis, yang menjadi puncak kariernya pada 1980-an.

Collins kemudian memutuskan bersolo karier setelah keluar dari grup band tersebut. Sejak 1981 hingga 2010, ia telah meluncurkan setidaknya 150 juta keping rekaman dalam 14 album, antara lain Going Back. (Kompasiana/Afandi Sido)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com