Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Sondakh Belajar Jadi Orangtua Tunggal

Kompas.com - 17/03/2011, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai ibu dari Zahwa, Aalyah, dan Keanu, Puteri Indonesia 2005 yang juga politisi, Angelina Sondakh, mengaku mulai belajar sebagai orangtua tunggal selepas meninggalnya Adjie Massaid akibat serangan jantung sebulan lalu.

Tanggung jawab yang dulu biasa dipikul bersama Adjie kini dilakukannnya seorang diri. ”Seperti kemarin Keanu kan sempat sakit, kata dokter mungkin harus diopname. Itu berasa banget untuk saya,” kata Angie seusai pengajian 40 hari Adjie di kediamannya Jalan Taman Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (16/3/2011).

Bukan tanpa alasan jika Angie merasa berat memikul tanggung jawab tersebut sendirian. ”Biasanya kalau saya lagi rapat penting, saya bisa telepon Mas Adjie, ’Darl, Keanu sakit, saya antar Keanu atau saya tetap rapat?’. Biasanya Mas Adjie bilang, ’Ya sudah kamu kan ada rapat penting, kamu terusin rapat saja’,” kenang Angie.

”Saya harus mulai sadar saya harus bisa sendiri. Iya inilah masa-masa yang memang sulit karena transisi, ya, yang biasanya ada mas Adjie,” lanjutnya.

Beberapa keputusan yang biasanya dikonsultasikan kepada Adjie kini diputuskannya sendiri. ”Kalau ada rapat-rapat berat seperti sekarang kan biasanya saya konsultasi ke Mas Adjie, kalau dipanggil ketua umum dan fraksi diceritakan ke Mas Adjie. Terus sekarang saya ambil keputusan sendiri, berpikir sendiri, meskipun setiap malam saya masih suka bertanya, ’Darl gimana ya, saya hari ini ada masalah ini itu’. Dan kalau saya sadar Mas Adjie enggak ada, kan malah lebih sakit,” ucap Angie. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com