Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

U2, Band Berpenghasilan Tertinggi dari Tur Dunia

Kompas.com - 11/04/2011, 14:22 WIB

LONDON, KOMPAS.com — U2, band rock asal Irlandia yang dibentuk pada 1976, mencetak rekor baru sepanjang sejarah industri musik pop dunia sebagai band berpendapatan terbesar dari penghasilan selama menjalani tur.

Band yang terdiri dari Bono (Paul David Hewson, vokalis dan gitaris), The Edge (David Howell Evans, gitaris, kibordis, dan vokalis), Adam Clayton (pemain bas), dan Larry Mullen Jr (Lawrence Joseph Mullen Jr, drumer dan pemain perkusi) itu menjalani tur dunia mutakhir "360 Degrees World Tour" dari Juni 2009 hingga Juli 2011.

Mereka meraih rekor tersebut pada minggu ini, mengikuti konser kedua mereka di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brasil. Akumulasi pendapatan kotor dari tur tersebut menembus angka 305,5 juta poundsterling atau setara Rp 4,3 triliun.

"U2 360 Degrees World Tour" menjadikan mereka sebagai grup dengan penghasilan kotor tertinggi dari tur dunia sepanjang sejarah musik pop internasional. Pencapaian itu sekaligus memecahkan rekor sebelumnya, yang dicetak oleh band The Rolling Stones dari tur dunia mereka, "A Bigger Bang Tour", pada 2005-2007.

Dari sisi penjualan tiket pun, U2 mampu menyedot kira-kira lima juta penggemar untuk membeli tiket, dari konser pertama (rangkaian pertama) di Barcelona (Spanyol) pada 2009, hingga konser terkini (rangkaian keenam) di Sao Paulo. U2 masih akan mengadakan satu (rangkaian) konser lagi di Amerika Utara, yang berakhir di Moncton, New Brunswick, Kanada, pada 30 Juli 2011.

Rekor itu juga sekaligus mengalahkan tur dunia mereka sebelumnya, Vertigo, pada 2005, yang menarik 4.619.021 orang. Perkiraan tambahan, jika "360 Degrees World Tour" berakhir di Kanada, akumulasi pendapatan kotor mereka ditaksir akan mencapai 427,8 juta poundsterling atau sebesar 700,8 juta dollar AS. Beberapa julukan anyar juga diberikan atas pencapaian rekor itu. Contohnya, U2 dengan "Bono-fide"-nya, plesetan dari nama Bono, yang menggantikan kata "bonafide". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com