Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah "Mbah Dukun", Alam Keluarkan "Tuyul"

Kompas.com - 13/04/2011, 10:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Masih ingat dengan Alam, vokalis metal dangdut yang populer lewat lagu "Mbah Dukun" itu? Ya, setelah lama menghilang, penyanyi asal Tasikmalaya itu kini mencoba eksis kembali di dunia rekaman musik Tanah Air. Kali ini, ia meluncurkan single "Tuyul" sebagai jagoannya.

"Judul single-nya Tuyul, karena gampang diingat, mudah dihafal," kata Alam dalam perbincangan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (12/4/2011).

Jika dulu Alam mengandalkan kalimat "komat-kamit membaca mantra" dalam lirik "Mbah Dukun", kali ini di single anyarnya tersebut, ia mencoba menyanyikan lirik lagu layaknya seorang dukun membaca mantra.

"Liriknya itu, saya kan di tengah kayak baca teks. Jadi di tengah-tengah lagu nyanyi tapi kayak baca mantra," jelas Alam. Hanya saja, dalam single "Tuyul" yang menurut Alam mengikuti musik kekinian, ciri khas musik dangdut dengan iringan tabuhan kendang telah ditinggalkannya.

"Kalau di karakter (musik) saya benar-benar masuk. Saya bikin lagu dengan stik drum, jadi enggak ada kendangnya. Tapi ada juga lagu 'Bunga' itu ngeband, swing, dan enggak ada kendang," kata Alam.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com