Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Ganti Kelamin, Cher Bangga

Kompas.com - 03/05/2011, 15:51 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Penyanyi sekaligus aktris sekelas Oscar, Cher, secara terang-terangan memuji keberanian anaknya yang memutuskan untuk ganti kelamin. Chastity, anak perempuan Cher, akhirnya memilih untuk berganti kelamin dan mengganti namanya menjadi Chaz Bono. 

Sebuah keputusan yang cukup berani. Cher pun menyambutnya dengan positif. Ia bahkan  menyerahkan semua keputusannya kepada anaknya.

Bagi Chaz, penggantian kelamin adalah momen bersejarah dalam hidupnya. Ia pun tak mau melewatkan momen itu dan mengizinkan dua sutradara, Fenton Bailey dan Randy Barbato, untuk mendokumentasikan perubahan atas dirinya. Pada tahun 2008, keduanya diizinkan memfilmkan proses transformasi dirinya saat operasi ganti kelamin.

Film dokumentasi tersebut ditayangkan tanggal 30 April hingga 1 Mei 2011 untuk kalangan terbatas di kediaman Cher. Film yang diberi judul Becoming Chaz ini memperlihatkan saat-saat persiapan Chaz melakukan operasi menghilangkan payudaranya.

Dalam film tersebut juga digambarkan bagaimana Cher, yang terkenal dengan lagunya yang berjudul Believe ini, mengungkapkan pergumulan batinnya terkait rencana perubahan kelamin Chaz. Namun, lama-lama ia terbiasa dengan keadaan bahwa dirinya tak lagi memiliki anak perempuan, melainkan anak laki-laki. Tak jarang pula Cher membuat Chaz marah karena tak sengaja memanggilnya dengan nama perempuannya dulu.

Menurut People.com, Cher membuktikan dirinya mendukung 100 persen keputusan anaknya. Ia mengundang teman-temannya menonton film dokumentasi tersebut di rumahnya yang berlokasi di kawasan Malibu, California.

”Cher bersama sepuluh temannya dan teman Chaz bertepuk tangan ketika film itu usai,” ujar seorang sumber.

”Aku sangat mengagumi anakku, Chaz, atas keberanian berbagi kisah hidupnya. Yang paling penting bagiku adalah kebahagiannya. Itu yang terpenting. Ia mendapatkan cinta dan dukungan dariku,” ujar aktris peraih Oscar lewat film Moonstruck tahun 1987.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com