Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mike Idol Tak Seperti Dulu...

Kompas.com - 25/05/2011, 09:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama lengkapnya Mike Prabawa Mohede, karakter suaranya kuat dan berperawakan tinggi besar. Kariernya sebagai penyanyi mulai cemerlang semenjak menjadi jawara Indonesian Idol 2005 hingga mengantarkannya sebagai wakil Indonesia untuk ajang serupa di ajang Asian Idol 2007 silam.

Setelah itu, nama Mike seolah tak terdengar. Ia memilih rehat sejenak dari aktivitas bernyanyi. Meski begitu bukan berarti Mike larut. Sejumlah persiapan pun dilakoninya. Dan, kini ia kembali dengan performa yang jauh berbeda. Seperti apakah Mike sekarang?

"Memang saya ingin mengubah jika ada sesuatu yang baru dan itu jadi resolusi saya di tahun 2010. Kalau dari suara saja itu tidak cukup tapi menjaga penampilan itu juga perlu," ujar Mike ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2011).

Yap, dari segi penampilan, Mike mengaku telah menurunkan berat badannya hingga 20 kg. Alhasil, bodi Mike kini jauh lebih proposional ketimbang ia muncul pertama kalinya di ajang pencarian penyanyi berbakat itu.

Tak sekadar itu saja, Mike kini juga memelihara berewok. Sementara dari warna vokal, ia melalukan pembaruan dengan karakter yang lebih groovy. Semangat baru inilah yang kemudian dijawantahkan lewat single teranyarnya yang diberi judul 'Tak Seperti Dulu'.

"Saya harus merasa lebih mudah mencari sesuatu. Kesehatan pun juga berarti karena napas harus saya bentuk," terang Mike.

Tembang baru yang diaransemen Andi Rianto dan liriknya dibuat Arie SW ini menceritakan tentang kesedihan seorang pria yang dilanda patah hati. "Saya pengin menjadi seorang penyanyi yang penuh story talent saja," begitu tanggap Mike soal kisah lagu yang dibawakannya.

Dipaparkan Mike, warna baru yang disuguhkan di single 'Tak Seperti Dulu' memang sengaja dipilih setelah berunding bersama dengan Andi, Arie, dan Aquarius Musikindo, selaku label tempatnya bernaung. "Jadi, saat itu saya sedang ada proyek sama Mas Andi dan Aquarius datang dengan konsep single saya dan akhirnya cocok," ucap pria yang pernah bersaing dengan sesama jawara Idol seperti, Ihsan (Indonesian Idol 2006), Delon (Runner Up Indonesian Idol 2004), dan Rini (Indonesian Idol 2007) untuk menjadi wakil Indonesia dalam Asian Idol itu.

Dalam proses pembuatan lagu, Mike harus menjalani workshop selama tiga bulan. "Dari Andi Rianto kasih ke kita. Kemudian, sempat workshop dan ini-itu selama tiga bulan. Saya bersyukur, Mas Andi membebaskan saya dalam berkreasi dan dia menyerahkan ke saya seluruhnya. Tapi memang tetap ada campur tangan dari dia," jelasnya lagi.

Mengenai apakah pasar akan menerima atau tidak terkait perubahan yang mendasar pada dirinya, Mike mengaku tak mau ambil pusing. Toh, ia hanya ingin berkarya dengan tulus. "Banyak rasa yang saya tuang agar mereka bisa enjoy dengan karya saya. Setiap saya tampil banyak yang menginginkan saya muncul lagi. Simpel, saya ingin nyanyi dengan ketulusan hati saya," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com