Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya Parkdrive Tampil Lagi

Kompas.com - 08/06/2011, 13:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Parkdrive dikabarkan bubar, karena selama kira-kira tiga tahun band rintisan muda-mudi Indonesia yang telah menimba ilmu di Berkelee College of Music, Boston (Massachusetts, AS) ini tak kunjung mengeluarkan single atau album dan tidak juga muncul di panggung. Namun, pada Minggu malam lalu (5/6/2011) kabar itu terbantah dengan mereka tampil dalam Sunday Jazz Festival (SJF) 2011 di Jakarta.

Parkdrive naik ke pentas di Segarra Beach Club, Pantai Karnaval, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, dengan enam personel lama dan baru, yaitu Olive Latuputty (vokal), Juno Adhi (synthesizer dan keyboard), Rayendra Sunito (drum), Ali Akbar (keyboard), Rishanda (bas), dan Adrian Martadinata (gitar). Mereka konsisten bermain di jalur acid jazz.

Penampilan Parkdrive malam itu menjadi salah satu pertunjukan yang paling ditunggu dalam SJF 2011. Mereka menghentak para penonton dengan lagu pertama yang merupakan salah satu lagu terbaru mereka, "Cycle of Souls". Aransemen dan permainan musik mereka tak jarang menaikkan gairah para penonton untuk semakin lincah bergoyang. Apalagi, itu merupakan pertemuan kembali untuk pertama kali antara Parkdrive dengan para penggemar mereka.

Dalam pertunjukan tersebut, tidak seperti grup-grup dalam negeri yang lain, Parkdrive sebagai penampil terakhir diberi kesempatan menyuguhkan lima lagu. Selain "Cycle of Souls", ada hit "Di Atas Awan", "Make It Last", hit lainnya "Biarkan', dan "Walk to Walk". 

Didirikan di Boston pada 2002, band itu pernah manggung antara lain dalam Jazz Goes to Campus 2007 dan Jakarta International Java Jazz Festival 2008. Sayangnya, setelah tampil dalam beberapa pergelaran besar Tanah Air pada 2008, mereka seolah hilang ditelan bumi. "Hei? Berapa tahun kah kita berpisah? Satu atau mungkin satu setengah tahun hingga dua tahun?" sapa Olive kepada penonton usai menyanyikan "Di Atas Awan". "Tiga tahuuun!!!" teriak seorang penggemar seakan tak menerima dibilang cuma "ditinggal" dua tahun. "Tiga tahun ya? Lama juga ya," sahut Olive.

Kemudian, sambil bercanda Olive meledek seorang penonton lain. "Hei, kamu yang di situ, kamu mirip BLP (Barry Likumahuwa Project) ya...," ujar Olive disambut tawa para penonton dan personel lain Parkdrive.

Barry memang pernah menjadi pemain bas pendukung dalam Parkdrive. Ketika itu, pada 2002, grup tersebut hanya dihuni oleh para perintisnya--Mikuni Gani (vokal), Juno, dan Rayendra, yang sama-sama lulusan dari Berkelee College of Music. Selain Barry, JMono (bas, yang kini personel band Alexa) juga pernah bergabung. Ali Akbar pun mantan personel band The Groove. Sebaliknya, selama Parkdrive tak berkegiatan dalam industri musik, Rayendra main untuk album Lovevolution (2010) milik Glenn Fredly.

Formasi yang lengkap, perkenalan lagu-lagu baru, dan nostalgia dengan lagu-lagu lama, semoga menjadi tanda mereka kembali ke industri musik Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com