Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shahnaz Haque: Tak Mau Berlebihan

Kompas.com - 10/06/2011, 06:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Shahnaz Haque (38) tidak mau berlebihan dalam mendidik anak untuk mencintai lingkungan. Sejak dini dia menanamkan kepada anaknya agar tidak membuang sampah sembarangan.

Berbeda dengan di rumah, saat berada di luar rumah, tempat sampah tidak selalu ada. Karena itu, sampah tidak boleh dibuang sembarangan.

”Misalnya, bungkus permen. Kalau tidak ada tempat sampah, bungkus permen itu dimasukkan ke dalam saku dulu sampai kita menemukan tempat sampah,” ujar Shahnaz beberapa hari lalu di sela-sela Kompas Kampus & Tupperware Green Living and Youth Creativity di Universitas Negeri Medan.

Dia beranggapan, kondisi toilet juga menjadi salah satu tolok ukur kepedulian orang terhadap lingkungan. Bila toilet di sebuah rumah atau bangunan bersih, hampir dipastikan lingkungan di sana bersih. ”Mendidik anak-anak masih lebih mudah dibandingkan (mendidik) orang dewasa,” katanya.

Contohnya saja, di kampus-kampus di Indonesia, toilet bersih sulit ditemukan. Padahal, kampus merupakan tempat memproduksi calon intelektual.

Seharusnya orang-orang yang berada di lingkungan kampus peduli lingkungan. ”Masalahnya, sistem pendidikan di Indonesia untuk membangun kesadaran terhadap lingkungan terlambat. Seharusnya pendidikan demikian sudah dilakukan sejak tingkat TK,” tutur istri drummer Gilang Ramadhan itu. (BEE)

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com